10 Kuliner Pontianak Yang Khas Dan Nikmat

10 Kuliner Pontianak Yang Khas Dan Nikmat – Pontianak merupakan ibukota Kalimantan Barat yang terkenal dengan Tugu Khatuliswa. Selain terkenal akan Tugu Khatulistiwanya, Pontianak juga memiliki aneka kuliner yang khas dengan citarasa tinggi. Berbagai makanan khas Pontianak memang cukup berbeda dengan makanan di kota lain khususnya di Kalimantan.

Mungkin karena makanan khas Pontianak ini masih banyak terpengaruh oleh beberapa masakan/makanan China. Akan tetapi untuk citarasa, beragam kuliner Pontianak sangatlah cukup untuk menggoyang lidah anda. Langsung saja kita simak deretan daftar kuliner Pontianak yang khas dan nikmat yang telah kami siapkan berikut ini.

1. Chai Kue

Jenis kuliner Pontianak yang pertama adalah Cha Kue. Cha Kue juga sering disebut dengan Chipan, yang mana salah satu makanan yang cukup hits di Pontianak. Makanan khas Pontianak ini terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan sedikit tepung tapioka dan kemudian didalamnya diisi dengan berbagai macam jenis sayuran.

Cha Kue ini disajikan dengan 2 cara, yaitu dengan cara digoreng atau dikukus. Dan berbicara soal harga, harga Cha kue ini juga sangatlah terjangkau, dimana satu biji Cha Kue ini dijual dengan harga Rp 1.500 per biji.

2. Baso Ikan Telur Asin Anhan

Yang kedua ada Baso Ikan Telur Asin Anhan. Baso ikan yang satu ini merupakan salah satu kuliner Pontianak yang cukup populer. Selain memiliki citarasa gurih dan lezat, harga Baso ikan telur asin anhan ini juga sangat terjangkau, yakni dijual dengan harga Rp 31.000 per porsi. Jika anda berjalan-jalan di Pontianak kami sarankan untuk mampir ke Jalan Wolter Monginsidi, belakang pasar mawar untuk menikmati kuliner Pontianak yang satu ini.

3. Sate Lontong Sayur Daging Sapi

Kuliner Pontianak yang ketiga adalah Sate Lontong Sayur Daging Sapi. Pontianak memang memiliki beragam jenis kuliner dari yang Halal sampai yang non-halal. Untuk kuliner yang satu ini tentu saja halal, dimana sate menggunakan bahan daging sapi yang dipadukan dengan lontong sayur yang berisi labu siam, nangka, kacang panjang, telur rebus kemudian ditabur dengan srundeng kelapa serta campuran ebi dan bawang goreng. Harganya juga cukup murah, yakni Rp 25.000 per porsi.

4. Nasi Ayam Afu – NON-HALAL

Pontianak memang memiliki beragam jenis kuliner, dari yang HALAL sampai yang NON-HALAL, seperti Nasi Ayam Afu yang satu ini. Walaupun memiliki nama Nasi Ayam, akan tetapi bahan yang digunakan bukan cuma daging ayam saja, malah bisa dikatakan lebih banyak menggunakan daging babi. Untuk soal rasa, rasa nasi ayam disini juga cukup spesial. Harganya juga cukup murah, yakni Rp 30.000 per porsinya.

5. Nasi Campur Akwang – NON-HALAL

Yang satu ini juga jenis kuliner Pontianak yang Non Halal, yaitu Nasi Campur Akwang. Nasi campur ini berisi nasi putih dengan toping casiu (BBQ pork), samcan, lapciong(saus china), ayam dan potongan telur setengah. Kemudian bagian pinggir diisi oleh potongan sayur dan irisan timun. Harga per porsinya cukup mahal, yakni Rp 43.000 per porsi.

6. Lek Tau Suan

Makanan khas Pontianak yang satu ini juga wajib kalian cobain jika singgah di kota yang satu ini. Lek Tau Suan ini merupakan bubur kacang hijau yang dimakan dengan cakwe goreng. Gak sedikit aneh sih, tapi rasanya benar benar nikmat dan bikin kalian ketagihan. Bubur kacangnya juga berbeda, karena kacang hijau dikupas dahulu sebelum direbus.

7. Pengkang

Kuliner Pontianak yang satu ini hanya bisa kalian temui di Pontianak saja. Pengkang ini hampir mirip dengan lemper, akan tetapi dalamnya berisi udang ebi. Rasanya menjadi lebih nikmat disajikan dengan sambal kerang dengan level pedas yang woowww..

8. Kwecap Veteran – NON-HALAL

Satu lagi jenis kuliner Pontianak yang non-halal, yakni Kwecap Veteran. Kwecap ini disajikan dalam 2 mangkuk, dimana mangkuk satu berisi kwecap dan satu lagi berisi sup bening dengan campuran kembang tahu, baso daging cincang, tahu goreng, kacang tanah, kulit babi, daging kering, telur puyuh, pork ribs dan masih banyak lagi campuran lainnya. Harga satu porsi kwecap veteran ini dijual Rp 40.000.

9. Olahan Burung Punai

Kuliner Pontianak yang satu ini adalah olahan burung punai yang digoreng atau dibakar. Burung punai ini hampir mirip dengan burung merpati. Masakan burung punai ini banyak diserbu oleh pengunjung apalagi mereka yang hobi berwisata kuliner wajib sekali untuk mencoba kuliner Pontianak yang satu ini.

10. Sotong Pangkong

Sotong Pangkong merupakan salah satu makanan/kuliner pontianak yang khas dan wajib untuk dicoba. Makanan yang satu ini identik dengan bulan ramadhan. Dimana makanan yang satu ini berbahan cumi yang dikeringkan lalu dipanggang. Setelah selesai dipanggang, sotong ini akan dipukul-pukul agar dagingnya empuk kemudian dilumuri dengan sambal kacang atau asam pedas manis sesuai dengan selera masing-masing.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed