by

5 Tempat Wisata Di Pontianak Yang Wajib untuk Disinggahi

5 Tempat Wisata Di Pontianak Yang Wajib untuk Disinggahi – Tempat Wisata Di Pontianak – Mendengar nama Pontianak, kita pasti langsung teringat dengan Tugu Khatulistiwa. Kota Pontianak merupakan salah satu wilayah di Dunia yang dilewati oleh garis imajinasi yang membelah bumi menjadi dua bagian, yaitu utara dan selatan. Untuk memperkuat predikatnya, dibangunlah Tugu Khatulistiwa di Pontianak, Kalimantan Barat ini.

Selain terkenal dengan adanya tugu khatulistiwa, pontianak juga dikenal akan destinasi wisatanya yang sangat menarik dan wajib untuk disinggahi. Nah, dibawah ini kami telah merangkum 10 tempat wisata di Pontianak yang wajib untuk disinggahi, daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak pembahasannya berikut ini.

1. Tugu Khatulistiwa

Tempat wisata di Pontianak yang pertama sudah pasti Tugu Khatulistiwa. Tugu ini merupakan ikon kebanggaan dari kota Pontianak. Lokasinya berada sekitar 3 kilometer dari pusat kota Pontianak. Tugu ini terdiri dari empat pilar kayu belian, dimana dua pilar pada bagian belakangnya lebih tinggi dibandingkan dua pilar pada bagian depan, serta ada tulisan EVENAAR diantara dua pilar tersebut.

Disini juga terdapat museum yang berisi tentang informasi mengenai seluk beluk garis imajinasi yang ada di bumi ini. Perlu diketahui bahwa ada saat yang pas untuk mengunjungi Tugu kebanggaan kota Pontianak yang satu ini, yakni pada tanggal 21-23 maret atau 21-23 September. Bukan tanpa alasan, karena pada saat itu matahari akan berada tepat diatas garis imajinasi, sehingga semua benda yang ada diatas garis imajinasi ini tidak akan memiliki bayang-bayang.

2. Keraton Kadriah

Kedua ada Keraton Kadriah. Tempat wisata di Pontianak yang satu ini dibangun pada tahun 1771 pada masa pemerintahan Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie. Keraton ini berletak di Jalan Tritura, Pontianak. Bangunan keraton ini didominasi oleh kayu belian atau kayu besi yang diwarnai kuning. Jika anda mengunjunginya, anda juga dapat melihat meriam kuno yang terletak di halaman keraton.

Kemudian didalam bangunan keraton, anda juga dapat melihat singgasana Sultan dan juga permaisuri yang lengkap dengan foto-foto serta pakaian sultan dan berbagai macam koleksi peninggalan sultan lainnya. Dan salah satu koleksi yang menarik adalah sebuah Alqur’an yang ditulis oleh tangan Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie sendiri.

3. Sinka Island Park

Selanjutnya ada Sinka Island Park. Sinka Island Park ini termasuk salah satu wisata di Pontianak yang sering kali ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sinka Island Park ini merupakan Taman rekreasi yang ada di Teluk Ma’jantuh, Singkawang. Disini anda dapat menemui kebun binatang dan juga kolam renang hingga pantai.

Kebun binatang yang ada di Sinka Island Park ini merupakan kebun binatang mini yang didalamnya terdapat 200 ekor binatang dari 62 spesies. Untuk harga tiket masuknya, kalian hanya akan dipungut biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Dan jika anda ingin melihat pemandangan pantai, anda dapat masuk ke Pantai Banjau dengan membayar Rp 20.000 per orang. Masih banyak lagi lokasi-lokasi yang ada di Sinka Island Park ini yang dapat kalian kunjungi jika singgah di Pontianak.

4. Museum Kalimantan Barat

Dikenal juga dengan nama Museum Negeri Pontianak. Museum ini menyimpan berbagai macam barang bersejarah seperti penemuan artefak Kalimantan Barat, Koleksi benda kerajaan, Koleksi keramik dari china dan juga kerajinan seni dan budaya suku dayak. Museum Kalimantan Barat ini berada di Jalan Jendral Ahmad Yani, Pontianak.

Jika anda berkunjung ke museum yang satu ini, anda disana juga dapat menemui taman kecil dengan jembatan kayu yang sering dijadikan spot foto untuk mengabadikan momen kebersamaan bersama keluarga, pasangan dan juga sahabat. Museum ini dibuka pada pukul 08.00-16.00 pada hari Selasa-Kamis, sedangkan Jum’at-Minggu 08.00-15.00. Hari Senin tutup.

5. Taman Alun-Alun Kapuas

Sungai Kapuas memang salah satu sungai yang berperan penting untuk kehidupan warga Pontianak. Selain sebagai jalur transportasi, tepian Sungai Kapuas juga sering dimanfaatkan sebagai taman rekreasi keluarga. Lokasi ini sering kali ramai dikunjungi oleh warga sekitar, terlebih pada malam hari Taman Alun-alun Kapuas ini sangatlah ramai.

Taman ini memiliki luas sekitar 3 hektar dan terdapat replika Tugu Khatulistiwa yang berada disalah satu sudut taman. Kalian dapat memanfaatkan bangku-bangku yang ada disekitar untuk duduk bersantai.

Nah demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 5 tempat wisata di Pontianak yang wajib untuk disinggahi. Semoga bermanfaat bagi anda semua, sekian dan terima kasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed