by

7 Objek Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi Palabuhanratu

7 Objek Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi Palabuhanratu atau Pelabuhan Ratu – Obyek wisata Sukabumi akhir-akhir ini menjadi salah satu destinasi wisata terbaru yang ada di Jawa Barat. Salah satu objek wisata yang akhir-akhir ini banyak dikunjungi adalah Geopark Ciletuh. Objek wisata ini diresmikan pada tahun 2015 dan dijadikan sebagai geopark nasional serta salah satu andalan Wisata Sukabumi. Di dalamnya menawarkan sejuta keindahan alam yang masih asri dan wajib anda kunjungi bersama kerabat, teman dan keluarga anda.

Banyak foto-foto dan video-video yang menggambarkan keindahan Geopark Ciletuh tersebar di dunia maya. Maka tak heran banyak sekali para pelancong merasa penasaran dan berkunjung ke objek wisata ini.

Ada beberapa objek wisata di Ciletuh baik itu berupa pemandangan pantai ataupun curug-curug yang tinggi serta indah. Ketika anda berada di kawasan Pantai Geopark Ciletuh anda akan melihat Tugu Geopark Ciletuh yang berwarna cat kuning di hamparan pantai yang luas.

Berikut 7 Objek Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi Palabuhanratu :

  1. Pantai Palangpang

Pantai ini bisa dikatakan tempat awal anda menjelajahi kawasan Geopark Ciletuh, karena di pantai ini terdapat tugu tulisan Geopark Ciletuh. Di tempat ini cocok sekali untuk anda berfoto ria bareng sama temen-temen dan keluarga. Ketika anda berapa disini anda wajib untuk mengabadikan moment berharga ini.

Saat ini di pantai Palangpang belum terlalu banyak warung-warung yang berjualan, akan tetapi anda akan dimanjakan dengan pemandangan alamnya berupa perbukitan yang hijau dan menawan di pinggiran pantai. Disini anda juga bisa menyaksikan beberapa curug yang keliatan dari kejauhan.

2. Curug Cimarinjung

Curug ini bisa Nampak terlihat dengan jelas dari pantai Palangpang, juga curug ini diapit oleh dua tebing yang hijau sisi kanan dan kirinya. Dan juga Nampak bebatuan dan karang yang menambah keindahannya. Tidak heran apabila curug ini terlihat indah dan menawan. Jarak antara pantai dan curug ini kurang lebih hanya 1 km dari Pantai Palangpang.

Disini anda bisa berfoto atau mandi sekalipun. Yang terpenting anda berhati-hati dimanapun anda berada. So tidak sedikit para pengunjung yang sengaja menikmati keindahan curug Cimarinjung ini.

3. Puncak Darma

Apabila anda menggunakan jalur dari Pelabuhanratu-Loji, pertama kali yang akan anda temukan adalah Puncak Darma. Tempat ini begitu mempesona karena anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah karena anda berada diatas ketinggian.

Anda seperti berada di dalam pesawat yang mana anda bisa melihat kebawah sepanjang jauh mata memandang tanpa ada penghalang begitupun ketika anda berapa di Puncak Darma. Pokonya anda wajib untuk menikmati pemandangan di Puncak Darma ini.

4. Curug Sodong

Curug yang tidak kalah menariknya adalah curug Sodong. Curug ini berbeda dengan curug lainnya karena curug ini memiliki dua aliran yang sama besarnya dan ditengarahi oleh sebuah batu yang besar. Konon batu ini juga menurut penduduk setempat memiliki cerita tersendiri dan sulit terbawa oleh derasnya air yang mengalir.

Apabila anda berada di hadapan curug ini, anda akan melihat satu curug yang mana curug tersebut mengalir airnya menuju curug sodong. Curug ini tidak terlalu besar airnya akan tetapi curug ini memberikan nuansa indah bagi curug Sodong yang ada di bawahnya. Anda akan merasa takjub apabila anda melihatnya dari dekat.

5. Curug Cikanteh

Tak jauh dari curug Sodong, ada satu aliran curug yang tidak kalah menariknya dan akan membuat anda terpesona yaitu curug Cikanteh. Ketinggian dari curug ini kurang lebih 200 meter yang mana airnya menimpa bebatuan yang ada di bawahnya dan membentuk seperti danau.

 

Anda akan merasakan hempasan angin yang cukup kencang yang dihasilkan dari curug ini. Anda juga akan menemukan beberapa bebatuan yang cukup besar dan satu pohon yang berliku-liku seperti mirip pohon bonsai. Untuk sampai ke curug ini, anda butuh waktu kira-kira 15 menit dari curug Sodong, mendaki dan menyebrangi sungai untuk bisa menikmati curug ini.

6. Panenjoan

Sekilas tempat ini sama dengan Puncak Darma akan tetapi letak posisinya berbeda. Disini anda disuguhkan dengan pemandangan yang sangat memukau dan membuat anda takjub. Bagaimana tidak, anda berada diatas ketinggian rata-rata sehingga anda akan melihat rumah-rumah sangat kecil dan hamparan sawah-sawah yang membentuk petak-petak serta ditumbuhi dengan pepohonan yang nampak hijau.

 

7. Curug Awang

Curug ini tidak kalah indahnya dengan curug-curug lainnya yang ada di Geopark Ciletuh. Terletak disebuah hamparan sawah yang luas dan terdapat banyak batu-batu kuno yang berukuran besar yang berada di sekelilingnya.

Dari kejauhan, curug ini sudah menampakan keindahannya dengan air terjun yang mengalir di pinggiran bebatuan yang tebing yang berwarna kecoklatan. Untuk mencapai kesana jalannya masih sedikit extrim akan tetapi pasti terbalaskan dengan keindahan curugnya.

Demikian beberapa lokasi yang paling terkenal yang bisa saya suguhkan disini. Sebenarnya masih banyak lagi beberapa lokasi yang belum disebutkan disini. Mudah-mudahan dilain waktu wisatapalabuhanratu bisa menyuguhkannya kepada anda semua sebagai bahan rekomendasi untuk liburan anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed