by

Bermain Air ke Objek Wisata Alam Bogor, Curug Cibaliung

Bermain Air ke Objek Wisata Alam Bogor, Curug Cibaliung – Selain tempat wisata di Puncak, Kota Bogor juga memiliki curug yang sangat indah dan menawan. Curug atau air terjun ini biasa dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai curug Cibaliung. Objek wisata alam Bogor yang terletak di daerah Sentul ini tidak menonjolkan ketinggian untuk dijadikan daya tarik wisatanya karena air yang mengalir disini tidaklah tinggi seperti pada air terjun lainnya, bahkan ketinggiannya hanya kurang lebih 5 meter saja. Yang menjadi daya tarik utama dari curug ini adalah warna air yang berada di kolam bawah tidak seperti warna air biasa, yang menjadikan keindahan luar biasa daripada objek wisata alam Bogor yang lain. Ditambah lagi pemandangan tebing karst yang mengelilingi kolam menambah keeksotisan yang ditawarkan di tempat wisata daerah Bogor ini.

Kolam Pribadi

Dibandingkan dengan sebuah air terjun, Curug Cibaliung ini lebih mirip seperti kolam renang pribadi. Terutama bila anda datang di hari biasa dan bukan di musim liburan, tentunya air terjun ini serasa milik anda sendiri. Genangan air dari aliran air terjun sangat jernih, ditambah dengan bentuk genangan air terjun yang dikelilingi oleh tebing tinggi membentuknya seperti kolam. Keindahannya terletak pada warna eksotis tebing yang coklat kehitaman di bagian sekitar air kolam, dan di atasnya ada banyak tanaman hijau yang menempel di tebing.

Debit air di curug ini lumayan keras, serta kolam memiliki kedalaman yang tidak dangkal. Oleh karena itu sangat disarankan bila pengunjung ingin berenang, untuk membawa ban pelampung sendiri, karena di sekitar lokasi curug tidak ada penyewaan ban pelampung untuk berenang. Bila anda sudah mempersiapkan semua perlengkapan secara komplit, maka bersiaplah untuk menikmati kolam alam pribadi. Bersantailah sepuasnya, terutama bila sedang tidak banyak pengunjung yang datang, maka anda dapat bermain sepuasnya di tempat ini.

Puas bermain air di curug Cibaliung, salah satu kegiatan Anda selanjutnya yang wajib Anda lakukan adalah mengabadikan momen penting ini. Anda dapat berfoto dengan latar belakang keindahan alam yang memang benar-benar menawan. Jika Anda bisa tepat mendapatkan sudut gambar terbaik, maka hasil foto Anda bisa jadi sebuah trending topic yang bisa menambah daya tarik tempat wisata ini kepada seluruh orang yang melihatnya. Setelah puas bermain air dan berfoto, kebanyakan orang akan merasa lapar. Bila Anda juga mulai merasakannya, Anda bisa singgah sebentar ke berbagai penjual makanan di sekitar curug Cibaliung.

Lokasi

Curug Cibaliung berada di desa Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor. Lokasi curug ini memang masih berada di kawasan Sentul. Untuk menuju ke sini dari arah kota, anda bisa mengikuti arah menuju Jungle Land. 100 meter sebelum gerbang selamat datang Jungle Land, maka beloklah ke arah kanan, dengan melewati jalan perkampungan. Jalanan memang sedikit sempit namun muat untuk dilewati dua mobil dari arah berlawanan. Lalu telusuri saja jalan tersebut hingga pertigaan, kemudian beloklah ke kiri mengikuti jalan ke Curug Putri Kencana dan juga Leuwi Hejo. Bila anda menemukan petunjuk menuju Curug Leuwi Hejo, maka selanjutnya anda tinggal menuju ke desa Karang Tengah. Karena lokasi Curug yang cukup sulit, sangat disarankan bagi anda untuk bertanya ke penduduk sekitar supaya tidak tersesat dalam perjalanan.

Biaya

Saat memasuki Curug Cibaliung, setiap pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang, serta biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk roda dua. Total biaya yang harus Anda keluarkan di tempat ini kurang lebih hanya Rp 15.000. Cukup murah dan terjangkau untuk mendapatkan liburan istimewa di objek wisata alam Bogor paling indah dan menawan ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed