by

Bersantai di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Bersantai di Pantai Pulau Merah Banyuwangi – Beberapa tahun terakhir, nama Banyuwangi terdengar di kalangan para pelancong akan keindahan alamnya. Tak ayal para pengunjung yang akan pergi ke Bali atau setelah kembali dari pulau Dewata tersebut menyempatkan diri untuk juga menikmati keindahan kota dengan julukan “Sunrise of Java” tersebut. Bagi anda yang bingung untuk berkunjung ke Banyuwangi, terutama bagi pengunjung yang baru pertama kali datang, maka Pantai Pulau Merah adalah salah satu rekomendasi yang harus anda kunjungi.

Berwarna Merah

Seperti namanya, pesona dari Pantai Pulau Merah adalah warna pasir pantai yang memerah. Warna ini disebut sebagai adanya beberapa algae merah yang terbawa oleh air laut kemudian mengendap di pasir pantai. Meskipun sebagai algae, namun anda tidak perlu khawatir karena bermain pasir di tempat ini sangat aman dan tidak berbahaya.

Selain warna pasir pantai yang merah dan berbeda dari warna pasir pantai pada umumnya, daya tarik pantai ini adalah keindahan alam yang ada di sekelilingnya. Ada kata Pulau di nama pantai ini karena di dekat pantai terdapat sebuah pulau batu karang kecil yang akan menambah keelokan pemandangan di sekitar pantai. Berfoto menjadi hal wajib yang harus anda lakukan karena keindahan alam di sekitar pantai yang menawan dan tidak dapat anda temukan di tempat lainnya. Selain berfoto, pengunjung diperbolehkan untuk bermain air di sekitar pantai, namun tidak disarankan untuk berenang.

Surfing

Meskipun berenang tidak disarankan untuk dilakukan di pantai ini, namun aktivitas menarik lain yang dapat dilakukan di pantai ini adalah surfing. Ombak laut yang stabil dan tidak terlalu besar menjadikan tempat ini sangat populer sebagai spot olahraga air tersebut. Tak ayal bahwa setiap tahunnya pemerintah kabupaten Banyuwangi selalu menyelenggarakan kompetisi surfing Internasional yang diikuti oleh para peserta dari kurang lebih 20 negara. Waktu diadakannya festival selalu berbeda-beda di setiap tahunnya, namun di sekitar bulan Juni hingga Agustus.

Lokasi

Pantai Pulau Merah berada di bagian selatan kabupaten Banyuwangi dan cukup jauh dari penyeberangan pelabuhan Ketapang. Lokasi tepatnya berada di desa Sumberagung, kecamatan Pesanggaran. Bila berkendara dari pusat kota Banyuwangi, perjalanan akan menempuh jarak sekitar 60 km. Jalan yang dilalui lumayan berliku karena harus menaiki dataran tinggi terlebih dahulu. Untuk panduan yang lebih jelas, anda sangat disarankan menggunakan Google Maps. Namun perlu dicatat bahwa sebaiknya anda menggunakan kartu provider yang dapat menjangkau hingga ke pedalaman untuk dapat mengakses Google Maps dengan lancar.

Biaya

Sebelum masuk ke kawasan Pantai Pulau Merah, setiap pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp5.000 per orangnya. Selanjutnya, bila anda ingin untuk berselancar, maka anda dapat menyewa papan selancar di sekitar pantai seharga Rp25.000 hingga Rp50.000 tanpa batas waktu tertentu atau dengan kata lain, pengunjung dapat menyewanya seharian untuk bermain air laut sepuasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed