by

Berselancar di Pantai Plengkung Banyuwangi

-Pantai, Wisata-108 views

Berselancar di Pantai Plengkung Banyuwangi – Pantai Plengkung merupakan salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh kabupaten Banyuwangi yang wajib anda kunjungi, terutama bagi pencinta olahraha berselancar atau surfing. Ombak di pantai ini menjadi favorit di kalangan peselancar karena gelombang ombak besar namun bersahabat, yang merupakan karakteristik yag cocok untuk melakukan olahraga selancar.

G-Land

Faktanya, pantai Plengkung lebih dikenal oleh masyarakat sebagai G-Land. G sendiri diambil dari istilah “Giant” yang berarti besar. Hal tersebut karena pantai Plengkung telah dinobatkan sebagai salah satu dari “The Seven Giant Waves” yang berarti bahwa pantai ini termasuk kedalam salah satu dari tujuh tempat di dunia yang memiliki ombak sempurna untuk dijadikan sebagai kawasan surfing. Tak ayal bila musim surfing tiba, banyak para pengunjung yang datang ke pantai Plengkung untuk berselancar.

Disebutkan bahwa G-Land ini menempati tempat kedua terbaik untuk surfing di dunia setelah kawasan Pantai Hawaii. Hal tersebut tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi warga Banyuwangi, dan bahkan seluruh warga Indonesia. Karena kita tidak perlu pergi ke luar negeri hanya untuk melakukan olahraga air keren seperti berselancar, karena di Indonesia tepatnya di Banyuwangi sendiri telah dinobatkan sebagai salah satu tempat surfing terbaik di dunia.

Waktu yang cocok untuk berselancar di Pantai Plengkung adalah antara bulan April hingga Agustus. Waktu tersebut merupakan saat musim kemarau di Indonesia. Musim kemarau merupakan saat yang tepat untuk berselancar karena selain tidak akan sering hujan, ombak juga akan bersahabat. Sehingga saat anda merasa gerah di kawasan perkotaan, datanglah ke Pantai Plengkung untuk menyegarkan diri dengan olahraga air tersebut. Sebaliknya, bila anda datang antara bulan Agustus hingga April, sangat tidak disarankan untuk melakukan surfing karena disaat musim penghujan tiba, ombak laut akan sangat bersar dan terlalu berbahaya untuk melakukan aktivitas air.

Keindahan Alam

Selain menawarkan tempat berselancar yang indah, tempat ini juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Di sekitar pantai ada hamparan bukit nan hijau nan menyejukkan mata. Selain itu, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan sunset atau matahari terbenam yang berwarna jingga dan sangat indah. Bersantai seharian di G-Land akan memberikan sensasi tersendiri bak di surga dunia terindah.

Lokasi

Pengunjugn dapat menggunakan kendaraan umum dari Arah Banyuwangi menuju Kalipahit. Setelah turun di daerah Kalipahit, selanjutnya perjalanan dapat diteruskan dengan menggunakan ojek yang ada di sekitar perhentian bus, menuju ke Pasar Anyar. Dari Pasar Anyar, pengunjung dapat menumpang di pick up milik warga sekitar untuk menuju ke Pos Pancur. Dari pos pancur ini, anda dapat berjalan kaki, namun juga banyak yang menawarkan untuk ojek hingga sampai di pantai. Namun bagi para pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi dapat melihat arah dari Google Maps untuk memudahkan perjalanan.

Biaya

Sebelum masuk kawasan pantai, pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp5.000 per orang. Sedangkan untuk menyewa papan selancar, harga yang ditawarkan beragam antara Rp25.000 hingga Rp50.000 dengan tanpa batasan waktu. Bagi pengunjung yang ingin menginap, ada banyak tempat penginapan dan hotel di daerah sekitar pantai dengan harga berkisar mulai dari Rp250.000 hingga Rp500.000 per malam.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed