test

Hari Nelayan Palabuhanratu 2017 ke 57 Sukabumi, sudah dimulai hari ini

By admin Posted On Apr 3, 2017

Hari Nelayan Pelabuhanratu 2017 ke 57 Sukabumi, sudah dimulai hari ini – ingat palabuhanratu bukan pelabuhanratu, hari nelayan palabuhanratu sudah dimulai hari ini, sebenernya hari nelayan dimulaisetiap tanggal 6 april, walaupun belum 6 april tapi sekarang sudah mulai rame, oleh para pedagang dan hiburan sudah mulai berdatangan, yang belum tahu Pantai Palabuhanratu merupakan sebuah tempat wisata di pesisir Samudra Hindia di selatan Jawa Barat, Indonesia. dan Lokasinya terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi. nah di Pantai Pelabuhanratu terdapat adat dan tradisi yang menarik yang dilakukan secara turun temurun. Tradisi itu dinamakan upacara adat labuh saji yang digelar oleh para nelayan di Palabuhanratu.

biasanya dalam hari nelayan ada putri nelayan yang diseleksi dan dilombakan agar terpilih menjadi putri nelayan. untuk putri nelayan tahun 2017 ini  terpilihlah IG @yuniitarahma

Advertising in wisatapalabuhanratu.com

@yuniitarahma

di ambi dari @putri.nelayan.pelabuhanratu

di ambi dari @putri.nelayan.pelabuhanratu

Upacara itu bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada seorang putri yang mempunyai kepedulian terhadap masyarakat nelayan juga sebagai ungkapan syukur kepada Sang Hyang Widi yang memberikan kesejahteraan dalam kehidupan mereka. Upacara adat yang hidup dan berkembang di Palabuhanratu Sukabumi merupakan wujud nyata perilaku masyarakat yang menjunjung tinggi para leluhur mereka.

Dalam syukuran nelayan, sepasang ayah dan putrinya yang digambarkan sebagai Mayangsagara dan Bagus Setra diarak dari Pendapa Kabupaten Sukabumi ke dermaga Palabuhanratu. Mayangsagara dan Bagus Setra yang naik delman menjadi pusat perhatian ribuan pengunjung dalam setiap kali perayaan syukuran nelayan.

Nyi Putri Mayangsagara merupakan seorang putri yang memulai melakukan upacara labuh saji sebagai tradisi setiap tahun, tradisi ini digelar sejak abad ke 15 yang berfungsi memberikan kado atau hadiah kepada Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul yang dipercaya sebagai penguasa laut selatan pada waktu itu. Putri Mayangsagara melakukan upacara tersebut dimaksudkan agar pekerjaan mereka sebagai nelayan mendapat kesejahteraan.

Nyi Putri Mayangsagara merupakan keturunan penguasa kerajaan Dadap Malang (masuk wilayah Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi) yaitu, Raden Kumbang Bagus Setra dan Ratu Puun Purnamasari. Bagus Setra, merupakan keturunan Kerajaan Pakuan (Bogor) yang meninggalkan kerajaannya karena konflik, sehingga memilih tinggal di Dadap Malang.

Upacara adat itu diselenggarakan di Kelurahan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, dan dilaksanakan setiap tanggal 6 April atau yang lebih dikenal Hari Nelayan. Sesuai dengan kepercayaan mereka, para nelayan dan masyarakat serta aparat pemerintah dalam ritual itu melabuh atau menjatuhkan sesajen ke laut dengan harapan agar hasil tangkapan berlimpah setiap tahun dan memelihara hubungan baik dengan Nyi Roro Kidul.

Dahulu sesajen yang digunakan berupa kepala kerbau atau kambing. namun, sekarang diganti dengan menaburkan benih ikan, benur (bibit udang) dan tukik (anak penyu) ke tengah teluk Palabuhanratu. Harapannya adalah laut Palabuhanratu tetap subur dan memberikan banyak ikan berlimpah bagi setiap nelayan yang turun ke laut. Para nelayan menebarkan tukik ke laut karena dipercaya bahwa tukik adalah wujud dari kesuburan laut. (Djava) bogorpos.com

Nah buat kamu yang diluar palabuhanratu dan ingin melihat keseruan dari adat yang turun temurun ini, silahkan berkunjung dan menginap agar kalian puas untuk melihat atau berbelanja dipalabuhanratu ini, karena dengan harga barang – barang di pameran ini begitu terjangkau kalian juga bisa memborongnya. silahkan booking hotel atau penginapan yang sudah wisatapalabuhanratu.com recomendasikan dibagian hotel.

Photo By bogorpos

sebenernya admin juga belum sempet ke hari nelayanan dipalabuhanratu, tapi temen – temen admin kebanyakan orang palabuhanratu dekat dengan hari nelayan atau orang palabuhanratu sering menyebutnya Pameran.

photo by @alampriangan

oke mungkin cukup sekian artikel kali ini , semoga membantu dan bermanfaat buat kita semua , kami tunggu anda di palabuhanratu.

 

Update : Bintang tamu diperayaan Hari Nelayan.

  • charly setia band
  • Kang Dedi Mulyadi (Bupati Purwakarta)
  • Pohang (Pelawak)
  • Dan masih Banyak Yang Lainnya.

Apr 3, 2017 - Posted by admin - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *