by

masjid agung palabuhanratu sukabumi-jawa barat

Masjid Agung yang ada di Palabuhanratu adalah salah satu masjid di Tatar Pasundan yang berada di Kota Palabuhanratu, Jawa Barat, Indonesia. Masjid ini pertama di bangun pada tahun 1926, dan sejak didirikannya. Masjid Agung Palabuhanratu terletak di Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu Kota, tepatnya berada di Jalan Siliwangi Palabuhanratu, di sebelah barat Alun-alun,

Alun-Alun adalah merupakan pusat dari kota palabuhanratu,yang dicirikan oleh sebidang tanah yang luas tepat nya saling berhadapan dengan masjid agung.di sekelilingnya ada bangunan-bangunan fungsional.Alun-Alun Palabuhanratu bisa untuk bersantai,bermain dan  juga memiliki pola-pola yang sama dengan alun-alun di tempat lain.yang dimaksud pola adalah adanya masjid,pendopo dan perkantoran.Selain itu ciri umum alun-alun di kota-kota tua adalah sekelilingnya dibatasi oleh jalan. Diselatan alun-alun palabuhanratu juga terdapat pendopo yang saat ini dipungsikan menjadi rumah dinas bupati. Pendopo sendiri sebenarnya aula tempat bupati melakukan pertemuan-pertemuan dengan para pejabat di bawahnya atau menerima tamu agung.

Masjid Agung Pelabuhanratu merupakan Masjid yang cukup besar. Ukuran bangunan sekitar 26 m x 26 m dan terdiri dari tiga lantai. Dua buah  menara terdapat di bagian depan sisi kiri dan kanan masjid. Satu menara tingginya lebih rendah dari kubah masjid dan satu menara lebih tinggi dari kubah masjid. Baik menara dan kubah masjid semua terbuat dari beton. Sebagaian besar bangunan masjid dikelilingi dinding yang terbuat dari kaca terutama bagian belakang dan sisi kiri dan kanan dengan langit-langit masjid yang tinggi membuat masjd terasa sejuk dan suasana terang. Dari lantai atas masjid dapat melihat pemandangan ke arah laut pantai palabuhanratu.

Masjid ini di bangun pada tahun 1926 pada zaman Kolonial Belanda. Lahannya pun merupakan hibah dari warga sekitar. Yakni warga Pakauman (Nama Kampung Kaum zaman dulu). Bangunan yang memiliki tiga lantai itu sangat megah di lengkapi dengan dua menara. Menara tinggi yang berada disebelah kiri masjid, memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Masjid itu juga dilengkapi dengan 20 anak tangga. Hal ini untuk mempermudah menggunakan ruangan lantai dua. Lantai dua ini bisa menampung 500 jamaah, sama dengan kapasitas lantai dasar. Sementara untuk ruangan lantai tiga bisa menampung sekitar 300 jamaah,jadi keseluruhan Masjid Agung bisa menampung sekitar 1.300 jama’ah.

Jika memasuki  bulan Idul Fitri atau Idul Adha selain didalam masjid ditengah Alun-Alun juga dipergunakan untuk jama’ah yang mengikuti Shalat Idul fitri atau Idul Adha.  Masjid Agung yang terletak di tengah titik jantung Kota Palabuhanratu itu pun bukan hanya di ramaikan jamaah untuk sholat lima waktu berjamaah saja.  masjid itu juga selalu di isi oleh kegiatan-kegiatan rohani untuk membentuk karakter masyarakat yang agamis.

Terimakasih atas kunjungan nya, semoga informasi ini dapat  bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed