by

Menikmati Liburan Surgawi di Karimunjawa

Menikmati Liburan Surgawi di Karimunjawa – Bermain dengan pasir di tepi pantai, menyelam, dan tinggal di cottage atau kamar di tengah-tengah lautan, adalah impian liburan ideal bagi kebanyakan orang. Kini tipe liburan tersebut dapat diwujudkan dengan mudah, karena anda tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke luar negeri. Cukup rencanakan liburan anda ke Taman Nasional Karimunjawa dan anda akan mendapatkan liburan surgawi yang menyenangkan dan tidak terlupakan. Lokasi Taman Nasional Karimunjawa ini berada di kisaran 83 km di sebelah barat laut dari kota Jepara, dan merupakan wilayah kepulauan tersendiri.

Hal yang bisa dilakukan di Karimunjawa

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat berlibur di Karimunjawa. Semua aktivitas air mulai dari berenang, menyelam, dan memancing, adalah pilihan menarik untuk dilakukan. Selain itu di kawasan ini juga ada banyak cottage atau kamar yang berada di pinggiran pantai dan tepatnya di atas air laut. Sehingga bila anda memesan kamar tersebut, anda akan menikmati sensasi mengambang di atas air laut. Di malam hari anda dapat mendengarkan suara deburan ombak yang akan menemani tidur anda, sedangkan di waktu pagi, anda akan melihat langsung bagaimana air laut berada hanya beberapa cm di bawah kaki anda.

Air laut yang sangat jernih dan membiru akan memanjakan siapapun yang tengah berlibur ke Karimunjawa. Selain itu, kawasan Karimunjawa juga sangat terkenal dengan tempat konservasi penyu dan juga hiu. Ada satu tempat di Karimunjawa di mana para pengunjung dapat berenang bersama dengan hiu-hiu berukuran setengah hingga 1setengah meter tersebut. Aktivitas ini tentu akan memacu adrenalin anda, namun juga menjadi pengalaman menarik dan tidak boleh terlewatkan untuk dicoba.

Untuk mencoba berenang atau sekedar berendam dengan dikelilingi ikan hiu, anda tidak perlu takut. Ada penjaga yang sudah terlatih yang akan menjaga anda selama dikelilingi ikan hiu tersebut. Selain itu ada beberapa aturan yang harus anda patuhi untuk menjaga faktor keselamatan. Pengunjung tidak boleh dalam keadaan sedang terluka karena hiu akan menjadi sangat responsif terhadap bau darah. Oleh karena itu pengunjung wanita yang sedang haid juga dilarang untuk mencoba aktivitas ini. Selain itu, saat berada di antara hiu-hiu tersebut, pengunjung tidak boleh panik, karena kepanikan akan membuat hiu menjadi lebih agresif untuk menyerang.

Cara Menuju Kesini

Untuk menuju ke Karimunjawa, ada beberapa jalur yang dapat anda coba. Pertama adalah dengan menyeberang di selat Jawa dari kabupaten Jepara. Setiap hari ada dua kapal yang melayani penyeberangan menuju ke Karimunjawa. Anda juga dapat menyeberang dengan kapal dari Semarang. Ada beberapa jenis kapal dalam penyeberangan ke Karimunjawa. Kapal dengan harga Rp30.00 per orang akan memakan biaya perjalanan kurang lebih 6 jam dari Jepara. Sedangkan kapal yang mematok harga Rp80,000 per orang akan membawa penumpang lebih cepat selama 4 jam saja.

Biaya

Untuk dapat masuk ke Karimunjawa tidak ada biaya yang diberikan. Namun tentu anda harus mengeluarkan biaya hotel untuk menginap, biaya makan di kedai-kedai di sepanjang pantai, biaya menyewa peralatan menyelam untuk yang ingin diving, dan biaya operasional lainnya. Untuk berlibur selama 2 hari 1 malam, minimal persiapkan biaya sejumlah Rp1,000,000 yang sudah termasuk untuk biaya menginap.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed