test

Pantai Penangkaran Penyu di Palabuhanratu (PANGUMBAHAN)

By admin Posted On Apr 5, 2017

Pantai Penangkaran Penyu di Palabuhanratu (PANGUMBAHAN) – Kembali lagi bersama kami, penjelajah wisata, Semoga hari ini kita diberikan kesehatan, amin…

Penyu adalah salah satu hewan langka dan termasuk hewan yang dlindungi oleh pemerintah (apendix cities) atau hewan yang terancam punah. Mungkin anda pernah mengenal beberapa jenis penyu yang ada didunia, seperti yang ada di wilayah pesisir selatan Palabuhanratu tepatnya di Desa Pangumbahan ini terdapat Penyu belimbing.

Advertising in wisatapalabuhanratu.com

Photo By @erlan

Selama hidupnya penyu menghabiskan waktu dilaut lepas, namun mereka akan kembali kedaratan ketika sudah waktunya  mereka akan bertelur. Jumlah telur yang dikeluarkan cukup banyak kisaran 70 sampai 120 butir telur per induk penyu.

http://www.wisatapalabuhanratu.com/

Photo By @erlan

Sudah tahukah anda, ternyata di pantai selatan Palabuhanratu terdapat satu Jenis Penyu yang mendarat dan singgah disana. Tepatnya di Desa Pangumbahan Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi. Jika anda penasaran berkunjung kesana kami siap memandu anda.

Konservasi adalah salah satu upaya dimana tujuannya untuk memperlambat proses kepunahan, dan konservasi penyu berarti pengelolaan sumberdaya penyu agar tetap lestari melalui proses pembiakkan atau penetasan telur dengan bantuan campurtangan manusia. Pemerintah mendirikan Instansi yang menangani hal tersebut dengan nama Balai Konservasi Penyu Pangumbahan.

Penyu By @erlan

Jarak yang harus ditempuh dari pusat kota Palabuhanratu menuju tempat konservasi penyu sekitar 90 km atau membutuhkan wahtu 2-3 jam. Balai konservasi menyediakan tempat menginap jika anda ingin melihat langsung posisi penyu mendarat dan bertelur. Namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan diantaranya :

  1. Tidak diperkenankan membawa senter atau alat penerangan lainnya
  2. Tidak diperkenankan mengambil dan atau mengganggu telur penyu
  3. Membayar biaya untuk retribusi atau PAD Pemerintah (Rp. 150.000/orang)

Banyak memang potensi wisata yang ada di Palabuhanratu, namun akan kita bahas di segmen berikutnya. Semoga bermanfaat…!!

Apr 5, 2017 - Posted by admin - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *