Pelabuhan Ratu atau Palabuhanratu

Pelabuhan Ratu atau Palabuhanratu – Palabuhanratu atau disebut juga Pelabuhanratu adalah sebuah nama kota yang berada di kabupaten Sukabumi. Posisinya berada sekitar 60 km dari pusat kota Sukabumi terbentang dengan hamparan pasir berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Maka tidak heran apabila Pelabuhanratu memiliki banyak objek wisata pantai yang bermacam-macam. Disamping itu, kota ini juga memiliki sebuah teluk yang besar yang di sebut teluk Pelabuhanratu.

Hasil gambar untuk pelabuhanratu Kota pelabuhanratu luasnya mencapai 102,88 km2 dengan jumlah penduduk 130.782 jiwa pada hasil sensus tahun 2011. Sekarang jumlahnya semakin bertambah seiring banyaknya generasi-generasi baru yang dilahirkan. Kota ini berbatasan dengan kecamatan Cikidang disebelah utaranya, Samudra Hindia di sebelah Selatan, Kecamatan Bantar Gadung disebelah timurnya dan Kecamatan Cikakak disebelah baratnya.

Objek Wisata

Banyak objek wisata yang ditawarkan di kota pesisir pantai ini yang memiliki daya pikat tersendiri bagi para wisatawan. Sekarang, seiring berjalannya waktu semakin banyak wisatawan asing yang berdatangan ke daerah Pelabuhanratu. Tidak sedikit juga diantara mereka yang menikah dengan penduduk lokal. Ternyata keindahan objek wisata yang ada membuat mereka terpikat untuk datang dan menghabiskan liburannya disini.

Adapun objek wisata yang ditawarkan diantaranya:

  1. Objek Wisata Pantai

Posisi kota Pelabuhanratu yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia sudah pasti memiliki objek wisata pantai yang begitu banyak. Pantai-pantai ini sudah terkenal di kalangan wisatawan karena memiliki keindahan alam yang mungkin tidak terdapat di tempat lainnya. Maka tidak heran apabila objek wisata pantai yang ada di kota ini menjadi salah satu andalan utama untuk memikat para wisatawan.

Hasil gambar untuk karanghawu

2. Objek Wisata Air

Hasil gambar untuk air panas cisolok

Kini di pelabuahanratu semakin menjamur tempat-tempat rekreasi lainnya untuk melengkapi suasana liburan anda dan keluarga. Diantaranya tersedia waterbom, arum jeram di Citarik dan pemandian air panas geyser di Cisolok. Tempat-tempat ini jarang sepi dari pengunjung terutama pada hari libur, akhir pekan dan hari-hari besar lainnya.

3. Wisata Religi

Pelabuhanratu memiliki banyak tempat yang dikeramatkan dan selalu dijiarahi oleh banyak orang. Hal ini disebabkan karena tempat ini memiliki sejarah yang kuat terjadi di masa lampau. Ada banyak maqom dan situs-situs megalitikum serta petilasan presiden Soekarno yang masih ada dan terawat sampai sekarang. Jika anda hendak berkunjung ke daerah Pelabuhanratu anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari dinas kepariwisataan setempat atau ke penduduk lokal disana.

Gambar terkait

4.Wisata Olah Raga

Kini pelabuhanratu semakin sering dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing. Hal ini dikarenakan mereka sangat terpikat dan tertantang dengan adanya ombak yang besar yang bisa digunakan untuk bermain surfing. Ada beberapa lokasi yang bagus untuk surfing dan ini yang membuat para wisatawan asing rela menghabiskan uang banyak dan datang ke pantai-pantai ini.

Gambar terkait

5. Wisata Kuliner

Pelabuhanratu juga memiliki wisata kuliner yang wajib anda coba. Hampir disepanjang pantai berjejer restoran yang siap melayani pesanan anda. Berbagai masakan disajikan mulai dari masakan khas lokal atau masakan luar. Masakan jenis seafood sudah pasti tentunya menjadi ikon utama karena letaknya yang berada di pesisir pantai. Anda bisa menikmatinya dengan keluarga ditemani dengan pemandangan pantai yang indah.

Gambar terkait

6. Souvenir dan pusat perbelanjaan

Bagi anda yang menghabiskan liburan ke daerah Pelabuhanratu, anda bisa membeli berbagai pernak-pernik aksesories yang terletak di dekat pantai Karanghawu. Anda juga bisa mengunjungi gunung Karanghawu tempat petilasan Presiden Sukarno yang masih terjaga sampai saat ini. kemudian bagi anda yang ingin membeli jenis ikan laut yang masih segar, anda bisa datang ke dermaga pelelangan ikan yang lokasinya dekat dengan pasar semi modern Pelabuhanratu.

Hasil gambar untuk pasar ikan pelabuhanratu

7. Mitos

Mungkin anda tidak asing lagi dengan sosok Nyi Roro Kidul sebagai penguasa laut pantai Selatan. Kepercayaan pada sosok mistis ini masih sangat melekat kuat di masyarakat setempat dan dikaitkan dengan pantai Karanghawu yang memiliki sejarah di jaman silau. Cerita tokoh ini melegenda dari masa ke masa dan membuat pantai ini terkenal hingga saat ini.

Hasil gambar untuk nyi roro kidul

8. Hari Nelayan

Hasil gambar untuk hari nelayan pelabuhanratu

Hari nelayan merupakan sebuah tradisi dan adat setempat yang biasa dilakukan setiap tahun. Hal ini dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur dari masyarakat setempat kepada sang Pencipta yang telah memberikan banyak rejeki khususnya kepada penduduk setempat yang sebagian masyarakatnya adalah para nelayan. Berbagai acara dilaksanakan mengiringi hari nelayan ini mulai dari karnaval, attraksi, pameran, konser musik dll.

Sekian yang bisa admin sampaikan mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semuan. Amiiin ….

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed