by

Pelabuhan Ratu Sejarah atau Sejarah Palabuhanratu

-Sejarah-101 views

Pelabuhan ratu sejarah bila di lihat dari segi sejarah kota pelabuhan ratu sekarang dengan yang dulu sangat jauh berbeda dan sudah banyak mengalami perubahan yang drastis,kenapa demikian? Bila sekarang kota ini berkembang menjadi kota semi moderen berbanding terbalik dengan zaman dulu yang masih asri dan belum terkontaminasi oleh moderenisasi.

Bicara tentang  pelabuhan ratu tempo dulu dengan pelabuhan ratu sekarang tentu tidak lepas dari mitos yang beredar di masyarakat luas mengenai penguasa ratu pantai selatan, tak sedikit yang bicara bahwa laut selatan dikuasai oleh seorang ratu yang bernama nyi roro kidul,nyi roro kidul ini bisa di bilang sebagai identitas dari kota pelabuhan ratu itu sendiri.

Ada beberapa tempat yang bisa dibilang cukup bersejarah di daerah pelabuhan ratu khususnya yang berhubungan dengan ratu pantai selatan atau nyi roro kidul,diantaranya pantai karang hawu, selain keindahan pantai nya yang memanjakan mata pantai ini juga tak lepas dari mitos nyi roro kidul, bahkan di pantai ini di  sediakan tempat khusus untuk bertemu sang ratu atau bisa disebut tempat berziarah

Kedua, hotel inna samudra beach atau yang lebih pamiliar ditelinga masyarakat hotel SBH, hotel yang di resmikan oleh presiden pertama indonesia Ir Soekarno pada tahun 1965 bisa di bilang salah satu hotel termegah yang ada di kawasan pelabuhan ratu, hotel ini juga memiliki hubungan erat dengan mitos nyi roro kidul bahkan di hotel ini di sediakan satu kamar yang sangat keramat yang di khususkan hanya untuk sang ratu pantai selatan,kamar ini bisa di bilang sangaat berbau mistis karena hanya orang orang tertentu yang bisa masuk

Bicara mengenai pelabuhan ratu tidak hanya tentang keindahan pantainya yang bisa memanjakan mata dan mitos tentang ratu pantai selatan, tapi pelabuhan ratu juga kental dengan budaya dan adat istiadat yang masih di jaga keasliannya. seperti kita ketahui bersama, pelabuhan ratu merupakan daerah maritim begitupun dengan masyarakatnya yang bermata pencaharian mayoritas seorang nelayan,setiap tahun nya selalu diadakan syukuran Nelayan, syukuran ini selalu digelar setiap tahunnya oleh para penduduk setempat serta di bantu oleh pemerintah setempat.

Syukuran yang digelar dipelabuhan ratu selalu diadakan di dua tempat, yang pertama Pelabuhan ratu. Pusat dari tempat syukuran ini adalah ditempat pelelangan ikan yang ada di tengah-tengah kota pelabuhan ratu.

Kemudian yang kedua adalah pajagan, dipajagan ini masyarakat yang berdomisili di kecamatan cisolok selalu menggelar pesta syukuran nelayan.

Biasanya didua tempat yang ada di pelabuhan ratu ini selalu mengadakan syukuran rutin , tak hanya itu hiburan untuk masyarakat pun selalu diadakan baik hiburan yang lokal maupun dari luar daerah.

Itulah diantara sejarah dan kebudayaan yang masih ada dipelabuhan ratu

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed