by

Taman Sari Yogyakarta, Sang Taman Air Dari Masa Lalu

Taman Sari Yogyakarta, Sang Taman Air Dari Masa Lalu – Yogyakarta memang sudah dikenal di kalangan wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari mancanegara sebagai suatu destinasi wisata yang sangat populer. Hal tersebut tentunya ada alasannya yakni karena Daerah Istimewa Yogyakarta masih kental dengan budaya tradisional Jawa yang masih dipegang teguh oleh sebagian masyarakatnya yang diturunkan dari generasi ke generasi. Selain itu Jogja juga memiliki banyak tempat menarik yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Salah satu tempat menarik yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Taman Sari yang mana merupakan salah satu tempat bersejarah yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta sehingga sangat sesuai untuk dikunjungi oleh Anda yang menyukai wisata sejarah. Taman Sari sendiri adalah sebuah taman air yang pada jaman dahulu digunakan sebagai tempat pemandian dan juga taman rekreasi bagi raja dan keluarganya. Taman air yang memiliki nilai sejarah ini memang sangat sayang untuk Anda lewatkan begitu saja, berikut ini ulasannya.

Taman Sari Yogyakarta, Sang Taman Air Dari Masa Lalu

1. Lokasi dan Akses Menuju Taman Sari

Objek wisata Taman Sari ini lokasi tepatnya berada di Jalan Taman, Kecamatan Keraton, Yogyakarta, tidak jauh dari Kompleks Keraton Yogyakarta. Taman Sari ini bisa Anda capai melalui pintu belakang Keraton Yogyakarta dengan berjalan kaki kurang lebih 7 menit hingga mencapai lokasi. Apabila Anda tidak mau berjalan kaki, Anda juga bisa mencapainya dari Malioboro dengan menaiki becak atau delman yang banyak tersedia di kawasan tersebut.

81.jpg

2. Sejarah Taman Sari

Taman Sari atau orang Belanda sering menyebutnya sebagai Waterkasteel ini didirikan sebagai bentuk penghormatan dari Raja kepada para istrinya yang telah banyak membantu dan mendukung selama masa peperangan yang sulit. Istana air ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I dengan bentuk bangunan yang memadukan berbagai arsitektur sekaligus yakni arsitektur Jawa, Cina, dan Belanda yang digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga Raja.

82.jpg

3. Aktivitas Menarik di Taman Sari

Di objek wisata Taman Sari ini Anda juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang mengasyikkan di antaranya adalah berfoto dengan latar belakang Taman Sari. Anda juga bisa menyusuri lorong rahasia yang lokasinya berada di bawah tanah dari Taman Sari yang mana dahulunya merupakan jalur evakuasi bagi Raja dan keluarganya, di Taman Sari ini Anda juga bisa menyaksikan keindahan sunset dari titik tertinggi bangunan ini yakni Gedong Kenongo.

83.jpg

4. Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Taman Sari

Untuk bisa menikmati keindahan dari objek wisata Taman Sari ini Anda harus membayar tiket masuk dengan harga yang sangat terjangkau yakni 3 ribu rupiah untuk wisatawan domestik dan juga 7 ribu rupiah bagi wisatawan asing. Taman Sari sendiri buka setiap hari dari hari Senin hingga Minggu dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang sehingga pastikan Anda berkunjung pada jam tersebut. Selain jam tersebut Anda hanya bisa masuk ke sebagian kecil dari kawasan Taman Sari.

84.jpg

Apabila Anda menyukai wisata sejarah maka Anda tidak boleh melewatkan objek wisata Taman Sari di Jogja yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed