test

Tempat Wisata Dieng – Candi Arjuna Pemujaan Dewa Siwa – Tempat Wisata Dieng

By admin Posted On Sep 28, 2017

Tempat Wisata Dieng – Candi Arjuna Pemujaan Dewa SiwaTempat Wisata Dieng banyak dikunjungi oleh pelancong dari dalam maupun luar negeri karena suasan alamnya yang masih bersih dan bebas polusi. Kawasan wisata Dieng terbagi menjadi dua meliputi wisata alam dan wisata sejarah. Wisata alam mencakup kegiatan mengunjungi tempat-tempat yang menyajikan panorama yang menyejukkan mata, sedangkan wisata sejarah yang terkenal di kota Dieng adalah berkunjung ke Candi Arjuna, Dieng. Terletak di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Candi ini dibangun pada abad ke 7 atau tahun 809 M dengan ketinggian sekitar 2000 meter di atas permukaan laut. Lingkungan candi dilatari oleh keindahan alam khas kota Dieng. Kawasan wisata sejarah ini dibangun dalam suatu areal dengan beberapa candi di dalamnya, dan merupakan salah satu tempat pemujaan Dewa Siwa tertua di Pulau Jawa.

Komplek Candi Arjuna 08/03/2011 
The breathtaking temple complex on the Dieng Plateau at a hight of 2000 meters above sea level.
Dieng Plateau
Dieng Plateu, is a marshy plateau that forms the floor of a caldera complex on the Dieng active volcano complex near Wonosobo, Central Java, Indonesia. Referred to as “Dieng” by Indonesians, it sits at 2,000m above sea level far from major population centres. The name “Dieng” comes from Di Hyang which means “Abode of the Gods”.
The Plateau is the location eight small Hindu temples. Built around 750 CE, they are the oldest known standing stone structures in Java. They are originally thought to have numbered 400 but only 8 remain.
Dieng’s misty location almost 2000 m above sea level, its poisonous effusions and sulphur-coloured lakes make it a particularly auspicious place for religious tribute. The temples are small shrines built as monuments to the god-ancestors and dedicated to Shiva.
[ Source and more information: Wikipedia – Dieng Plateau ]

Karena Dataran Dieng termasuk tempat dari hampir semua Tempat Wisata Dieng, maka rute menuju kawasan sejarah ini mudah ditempuh. Kendaraan pribadi seperti motor atau mobil bisa menuju kota Wonosobo, lalu ambil arah menuju Banjarnegara dan Dieng. Untuk transportasi umum, dari terminal Wonosobo langsung Anda dapat langsung naik minibus menuju Dieng. Di sekitar jalan menuju tempat wisata ada banyak hotel dan homestay yang disewakan. Warung yang menjual jajanan khas kuliner Dieng pun berjajar di sepanjang jalan. Tetapi para pedagang itu tidak berjualan langsung di dalam tempat wisata. Untuk masuk ke komplek candi ini tidak dikenakan biaya masuk karena tidak ada petugas yang menjaganya.

Advertising in wisatapalabuhanratu.com

Sebelum berlibur ke kota Dieng terutama Candi Arjuna, ada baiknya simak tips yang dapat membantu selama menghabiskan waktu mengagumi kompleks Candi, yaitu:

  • Membawa jaket dan mantel. Karena terletak di pegunungan, udara sangat dingin.
  • Dilarang membuang sampah sembarangan.
  • Bisa menikmati matahari terbit bila datang lebih pagi.
  • Sebaiknya membawa perbekalan sendiri.

Beragam tips diatas semoga bisa bermanfaat bagi anda. Perlu diketahui, kawasan Candi Arjuna sering dipakai untuk upacara adat oleh masyarakat. bila berkunjung pada bulan Juli, anda bisa menyaksikan prosesi ruwat rambut gimbal di Tempat Wisata Dieng ini.

Sep 28, 2017 - Posted by admin - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *