by

Tempat Wisata Indonesia: Menyambangi Situs Warisan Dunia Borobudur di Magelang

-Sejarah, Wisata-81 views

Tempat Wisata Indonesia: Menyambangi Situs Warisan Dunia Borobudur di Magelang – Masih ingatkan anda saat bos Facebook, Mark Zuckerberg saat berkunjung ke Indonesia? Salah satu tempat yang ia kunjungi adalah Borobudur. Si bos Facebook tersebut berfoto dengan latar belakang pemandangan alam di sekitar Borobudur di saat matahari terbit. Keindahan foto yang diunggahnya membuat banyak orang terpana dan ingin mencoba memiliki foto dengan latar belakang dan lanskap yang sama.

Keindahan Borobudur memang sangat bagus dinikmati saat matahari terbit. Untuk dapat menikmatinya, pengunjung diharuskan untuk menginap di hotel di sekitar Borobudur karena akan mendapatkan akses dengan mudah saat memasuki Borobudur di pagi hari. Dari puncak tertinggi candi milik umat Budha ini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam nan hijau menghampar, ditambah balutan kabut yang tipis saat di pagi hari. Pemandangan sejuk nan asri ini akan membuat siapapun yang melihatnya merasa damai dan melupakan semua hiruk pikuk kota dan rasa stress yang melanda.

Untuk menuju puncak Borobudur, ada puluhan bahkan ratusan tangga yang harus pengunjung naiki. Cukup melelakan memang, namun bila anda lelah, anda bisa sejenak beristirahat dan berkeliling di setiap tingkatnya. Rasa lelah anda akan terbayarkan saat mencapai puncaknya. Ada satu stupa terbesar di bagian tengah Borobudur dengan patung dewa di dalamnya. Selain itu, pemandangan dari ketinggian ini akan menyajikan lanskap alam yang hijau menghampar. Angin akan dengan sejuk berhembus dan menghilangkan rasa letih anda.

Penghargaan UNESCO

Borobudur memang sudah dikenal luas sebagai situs warisan UNESCO. Bahkan Borobudur juga pernah menyandang sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia. Hal tersebut karena bangunan Borobudur yang megah masih bertahan saat awal berdiri. Hal ini ada kaitannya pula dengan sejarah. Dahulu Borobudur dikatakan pernah terkubur. Kemudian pada masa penjajahan Inggris di pulau Jawa, Raffless mendengar kabar ditemukannya bangunan kuil yang setengah terkubur tersebut. Kemudian ia memerintahkan orangnya untuk menggali lagi Borobudur. Pada saat itu Borobudur muncul dengan wujud bangunan yang sangat besar. Keajaiban Borobudur yang terkubur dan masih terjaga keutuhannya tersebut menjadikan kawasan ini mendapatkan predikat sebagai tujuh keajaiban dunia.

Menuju ke Borobudur

Rute menuju ke Borobudur terbilang sangat mudah. Bila anda datang dari arah Yogyakarta, anda cukup mengikuti jalan Magelang ke arah utara. Kemudian di sepanjang jalan anda akan dapat melihat papan petunjuk ke kawasan Borobudur. Waktu yang dibutuhkan pun tidak terlalu lama. Dengan kendaraan pribadi, perjalanan akan memakan waktu selama 1 jam dari kota Jogja.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk sendiri ada dua loket yang tersedia, untuk wisatawan lokal dan mancanegara. Untuk wisatawan mancanegara, loket berada di sebelah kiri dan pengunjung diharuskan membayar $20 untuk dewasa, dan $10 untuk anak-anak. Sedangkan tentu untuk harga bagi warga lokal lebih murah dari biaya yang dikenakan untuk turis asing. Anda dapat pergi ke loket yang berada di sebelah kanan bangunan, dan membayar sebesar Rp35.000 untuk dewasa, dan Rp15.000 untuk anak-anak dibawah usia 12 tahun.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed