by

Tempat Wisata Indonesia Terbaik: Melihat Spesies Purba di Taman Nasional Komodo

Tempat Wisata Indonesia Terbaik: Melihat Spesies Purba di Taman Nasional Komodo – Didirikan pada tahun 1980, Taman Nasional Komodo terdiri atas tiga pulau utama yakni Pulau Komodo, Rinca dan Padar, serta beberapa puluhan pulau kecil tak berpenghuni yang mengelilinginya. Awalnya sebuah taman nasional terestrial didirikan untuk melindungi komodo, dari waktu ke waktu diperluas untuk mencakup apa yang ada di bawahnya dan sekarang merupakan taman nasional terestrial dan laut yang luas yang mencakup hampir 2.000 kilometer persegi.

Meskipun melihat spesies purbakala, Komodo, menjadi pilihan utama para pengunjung, namun para wisatawan juga dapat menikmati aktivitas menyelam di bawah kepulauan Komodo yang menawarkan berbagai pemandangan alam bawah laut yang sangat indah. Faktanya, kawasan ini terkenal sebagai kawasan snorkeling dan menyelam terbaik di seluruh kepulauan Indonesia. Sehingga menyelam disini akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi setiap wisatawan.

Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah pulau terbesar di Taman Nasional Komodo dan juga merupakan yang terjauh dari kota pelabuhan Labuan Bajo. Karena butuh perjalanan jauh untuk menuju Pulau Komodo, maka jangan lewatkan setiap aktivitas menyenangkan saat berada di sana, terutama snorkeling. Di kawasan ini anda akan dapat melihat beberapa jenis Pari Manta dan beberapa hewan laut berwarna-warni lainnya.

Saat berada di Pulau Komodo, perjalanan singkat akan membawa anda ke hamparan pepohonan di mana anda dapat melihat komodo berkeliaran. Faktanya, komodo besar tersebut tidak akan menyerang setiap orang, namun para wanita yang sedang datang bulan sangat tidak disarankan untuk berada dalam jarak radius 100 meter dengan Komodo, karena mereka memiliki penciuman yang tajam untuk mengenali lawannya.

Pulau Rinca

Pulau Rinca lebih dekat ke Labuan Bajo daripada Pulau Komodo. Di Pulau ini ada beberapa Komodo yang berkeliaran lepas, sehingga para pengunjung diharapkan untuk selalu waspada. Namun hal tersebut yang tentunya dapat memacu adrenalin setiap pengunjung dengan pengalaman yang menyenangkan melihat langsung komodo.

Saat mengunjungi Pulau ini, setiap pengunjung akan diberikan beberapa arahan, termasuk dilarang menyentuh binatang yang ada di pulau ini, termasuk Komodo. Selain itu, para pengunjung sangat diharapkan untuk tidak membawa anak kecil. Meskipun Komodo bukanlah hewan yang berbahaya dan selalu ada pawing yang mengawasi pergerakan Komodo di setiap pulaunya, namun anda tetap diharuskan untuk selalu waspada dan menaati aturan yang ada.

Selain melihat komodo, Pulau Rinca adalah spot yang tepat untuk melakukan penyelaman dan snorkeling. Anda akan diberikan pengarahan dari para operator sekitar untuk melakukan penyelaman di kawasan tertentu dan tidak boleh untuk keluar dari batas aman kawasan penyelaman.

Rute Menuju Taman Nasional Komodo

Untuk menuju Taman Nasional Komodo, anda dapat menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara Labuhanbajo. Selanjutnya, anda diharuskan untuk melanjutkan perjalanan dengan minibus ke pelabuhan, yang akan memakan waktu hingga 8 jam. Selanjutnya, untuk menyeberang ke pulau Komodo, anda harus menyeberang dengan kapal.

Harga Tiket Masuk

Untuk setiap pengunjung yang akan memasuki Taman Nasional Komodo akan dikenai biaya sebesar Rp90.000 per orangnya. Biaya ini sudah termasuk biaya untuk menjejalah seluruh daerah di sekitar Pulau Komodo, bahkan termasuk biaya perjalanan ke Pulau Rinca dan Pulau Tadar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed