by

Wisata Alam ke Kawasan Baturraden Banyumas

Wisata Alam ke Kawasan Baturraden Banyumas – Tempat wisata di kabupaten Banyumas mungkin memang tidak sepopuler dibandingkan dengan tempat-tempat wisata di beberapa kota lain di Jawa Tengah. Namun bila anda berkunjung ke Banyumas, anda dapat mencoba berwisata alam dengan mengunjungi kawasan Baturraden. Pasalnya di tempat ini ada beberapa lokasi yang menawarkan wisata alam yang sangat menawan yang tidak bisa anda temui di tempat lain.

Curug Telu

Curug artinya telaga atau air terjun, sedangkan telu artinya tiga. Seperti namanya, di sini para pengunjung dapat melihat langsung 3 air terjun di satu tempat. Air terjun yang mengalir menawarkan air yang sangat sejuk dengan pemandangan alam di sekitarnya yang sangat indah. Bebatuan tinggi di belakang air terjun tinggi menjulang dengan patahan dan potongan yang menunjukkan seni alam yang indah. Air yang mengalir pada curug telu ini sendiri berasal dari curug Bidadari yang terletak tidak jauh. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di curug ini tentu saja berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah, bermain air, dan bahkan memancing.

Lokawisata Baturraden

Beradad di kaki Gunung Slamet, kawasan ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menyejukkan mata dengan udara segar untuk dihirup. Dinamakan Lokawisata, karena tempat ini tidak hanya murni menawarkan pemandangan alam saja, namun juga tempat bermain yang sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Desa Wisata Ketenger

Selanjutnya, di desa wisata Ketenger, para pengunjung sangat disarankan untuk menginap di penginapan yang tersedia di sana. Pasalnya, di kala pagi, anda akan disapa dengan pemandangan hijau nan sejuk dengan kabut yang menyelimuti daerah Baturraden. Keindahan alam di sekitar desa tentu akan membuat anda tertarik untuk berjalan-jalan ke sekeliling desa, menuju air terjun dan sungai yang mengalir di dekat daerah tersebut untuk mengabadikan momen. Tak cukup disitu, dijamin anda pasti akan mampu melupakan semua masalah penat yang ada di kantor dan hanya relaksasi di sekitar hamparan dataran tinggi yang hijau dan sejuk.

Lokasi

Kawasan Baturraden berada kurang lebih 15 KM dari Purwokerto dan akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 setengah jam dari Purwokerto. Namun bagi pengunjung yang datang dari Banyumas, rute perjalanan mungkin sedikit sulit dan berliku sehingga anda sangat disarankan untuk menggunakan petunjuk Google Map. Selain itu, ada beberapa papan penunjuk jalan yang juga mengarahkan ke kawasan Baturraden dan sangat mudah untuk dilihat di tepi jalan.

Biaya

Untuk masuk ke kawasan Curug Telu dan juga Curug Bidadari, para wisatawan akan dikenakan biaya retribusi untuk pemeliharaan tempat wisata sebesar Rp7.000 per orang. Sedangkan untuk memasuki kawasan Lokawisata Baturraden, para pengunjung perlu membayar sebesar Rp10.000. Tentu saat anda berada di Desa Wisata Ketenger dan menyewa kamar di sana, biaya tentunya akan lebih mahal lagi. Hal tersebut karena anda perlu untuk membayar sewa penginapan. Namun jangan khawatir, karena harga penginapan di daerah ini beragam mulai dari Rp200.000 hingga Rp500.000 per malamnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed