27 Tempat wisata diCianjur Yang Wajib Anda Kunjungi

27 Tempat wisata diCianjur Yang Wajib Anda Kunjungi – Para sobat pecinta alam dan travelers dimana saja anda berada, kali ini admin akan memposting objek-objek wisata yang terletak di daerah Cianjur, Jawa Barat. Cianjur adalah salah satu objek wisata pavorit terkenal yang sering banyak dikunjungi. Cianjur memiliki objek wisata pegunungan dan pantai. Oleh sebab itu Cianjur sangat cocok dan nyaman untuk anda kunjungi.

Cianjur sendiri berbatasan dengan beberapa daerah yang ada di Indonesia. Disebelah utaranya Cianjur berbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Purwakarta. Disebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat. Disebelah Timur dengan Kabupaten Garut Timur dan disebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia serta berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi di bagian Baratnya.

Ada dua tempat wisata yang paling terkenal di Cianjur disamping objek wisata yang lainnya yaitu Kebun Raya Cibodas dan Taman Nasional Gunung Gede. Baiklah admin akan merinci satu-persatu objek wisata lainnya yang ada di Cianjur yang wajib anda kunjungi.

  1. Pantai Jayanti Cianjur

Pantai Jayanti adalah menjadi salah satu tempat objek wisata yang dikunjungi karena memiliki pantai yang indah dan bersih. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang cukup luas sehingga membuat anda nyaman untuk bermain-main bersama keluarga atau bersama ci kecil.

Pantai ini terletak di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan Jawa Barat. Adapun rute perjalanannya bisa anda tempuh dari Kota Cianjur dan Bandung via ruas jalan kota Cianjur-Sindang Barang–Cidaun dan Bandung–Ciwide –Naringgul-Cidaun.

2.  Kebun Raya Cibodas Cianjur

Kebun Raya Cibodas adalah salah satu andalan objek wisata Cianjur dan menjadi terpavorit. Hamparan pepohonan yang besar dan taman padang rumput yang bersih nan indah membuat anda betah disini dan kecanduan untuk mengunjungi tempat ini lagi. Udara yang segar serta iklim yang bersahabat membuat anda ingin sekali berlama-lama disini. Sangat cocok untuk dikunjungi dan admin merekomendasikan untuk datang ke tempat ini.

Objek wisata ini terletak di Desa Rarahan, Cimacan, Cianjur, Jawa Barat. Kalo dari Jakarta kira-kira 86 km. kalo seandainya tidak macet hanya kira-kira 90 menit saja melewati Jalan Raya Bogor-Puncak-Cianjur. Ketika sampai di tempat tujuan ternyata anda masih harus naik kendaraan lagi sekitar 4 km untuk mencapainya. Kebun Raya Cibodas terletak di ketinggian 1.500 m DPL, sekitar 18 derajat celcius.

3. Istana Presiden Cianjur

Istana Presiden Cianjur memiliki sejarah yang sangat tinggi. Karena objek wisata ini dibangun oleh orang belanda yang bernama Van Heuts pada tahun 1740 di atas tanah yang memiliki luas 25 hektar. Kalau seandainya dari Jakarta jaraknya 105 km dan terletak di kaki Gunung Gede yang memiliki udara yang sejuk.

Dari pusat kota Cianjur jaraknya sekitar 16 km dan istana ini masih terawat dengan baik. Anda akan melihat beberapa pemandangan diantaranya tumbuh-tumbuhan, tanaman hias, sayur-sayuran, buah-buahan serta jenis pemandangan lainnya. Apabila anda ingin masuk ke tempat ini terlebih dahulu anda harus ijin khusus dari sekretaris Negara.

4. Curug Citambur Cianjur

Curug Citambur menjadi salah satu objek wisata yang paling digemari. Bagaimana tidak untuk mencapai ke tempat lokasi anda harus melalui kebun teh yang pastinya pemandangannya indah dan memiliki udara yang segar.

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 100 m dan terletak di Desa Karang Jaya Kecamatan Pagelaran Cianjur. Air terjun yang indah serta suasana yang menyejukan sayang sekali untuk anda lewatkan bersama teman-teman anda.

5. Taman Nasional Gunung Gede

Taman Nasional Gunung Gede memiliki keanekaragaman ekosistem. Yang terdiri dari ekosistem Sub – Montana, Montana, Sub – alpin, danau, rawa dan savana.

Untuk ekosistem sub – Montana dicirikan dengan berbagai pohon yang sangat besar seperti Jamuju dan puspa. Sedangkan untuk ekosistem sub-alpin ditandai oleh adanya dataran yang cukup luas ditandai dengan tumbuhnya rumput Isachne pangerangensis , bunga eidelweis , violet dan cantigi.

Ada beberapa satwa primata yang terancam punah diantaranya owa , surili, lutung budeng, dan satwa yang lainnya diantaranya macan tutul , landak jawa, kijang, dan musang tenggorokan kuning.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango pada tahun 1977 ditetapkan sebagai Cagar Biosfir dan disamping itu pula sebagai Sister Park dengan Taman Negara yang ada di Malaysia pada tahun 1995. So jangan lewatkan untuk berkunjung ke Taman Nasional Gunung Gede ini.

6. Gunung Gede Cianjur

Gunung Gede Cianjur merupakan tempat pavorit para pecinta alam. Bagaimana tidak gunung yang memiliki ketinggian 3000 m ini sangat cocok untuk pendaki gunung pecinta alam atau untuk berkemah. Banyak sekali para pendaki yang menghabiskan waktu mereka diakhir pekan. mereka ingin menyaksikan bagaimana indahnya berada dalam ketinggian memandang ke bawah melihat indahnya alam.

Perlu diketahui bahwa tempat ini berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, dan taman ini adalah salah satu dari lima taman nasional lainnya yang diumumkan pemerintah pada tahun 1980. Dan letaknya berada di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Sukabumi, Cianjur dan Bogor.

7. Telaga Biru Cianjur

Telaga biru Cianjur menjadi tempat yang dituju oleh para travelers ketika mengunjungi Taman Nasional Gunung Gede. Dinamakan Telaga Biru karena airnya selalu berwarna biru khususnya ketika musim hujan. Di Telaga Biru Ini banyak sekali ikan-ikan dan selalu mendekat apabila ada traveler yang mendekati telaga ini.

Telaga ini berukuran 5 hektar dan terletak kurang lebih 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Danaunya selalu biru disinari matahari dan juga ditutupi oleh ganggang biru.

8. Kandang Batu dan Kandang Badak Cianjur

Ketika anda berkunjung ke Taman Nasional Gunujng Gede, anda disuguhkan dengan berbagai macam binatang satwa yang memiliki keunikan dan sangat menarik. Dan salah satu diantaranya adalah binatang Badak. Kandang ini berada dalam ketinggian 2.220 m.dpl dan memiliki jarak 7.8 km atau kira-kira perjalanan dari Cibodas sekitar 3,5 km.

9. Air Terjun Ciberem Cianjur

Air terjun Ciberem memiliki keindahan yang luar biasa dan tidak kalah indahnya dengan curug Citambur. Letaknya di daerah Cibodas, Jawa Barat. Air terjun ini sudah terlihat dari kejauhan dan disisi-sisinya dipenuhi dengan lumut-lumut yang khas yaitu jenis lumut merah endemik di Jawa Barat.

10. Alun-alun Surya Kencana Cianjur

Kalau anda berada di Gunung Gede, jangan lewatkan untuk mengunjungi alun-alun Surya Kencana. Luasnya sekitar 50 hektar dan ditutupi dengan bunga khas edelweiss. Tempat ini berada pada ketinggian 2.750 m. dpl dan jaraknya 11,8 km atau kalau dari Cibodas kira-kira 6 jam perjalanan.

11. Situs Gunung Padang Cianjur

Situs Gunung Padang Cianjur terletak di Gunung Padang, Desa Karyamukti , Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Situs ini merupakan salah satu dari situs megalitik berbentuk punden berundak dan yang paling besar di Asia Tenggara. Kalau luas daerah perbakalanya sekitar 900 m2 dan areal situsnya sekitar 3 hektar.

Ada banyak balok-balok batu bertebaran disini dan tak terhitung jumlahnya serta diperkirakan masih banyak lagi balok-balok batu yang lainnya yang masih terkubur. So jangan lewatkan untuk mengunjungi situs ini karena akan menambah wawasan pengetahuan anda.

12. Kota Bunga Cianjur

Kota bunga Cianjur merupakan salah satu objek wisata Cianjur yang sayang untuk anda lewatkan. Disini terdapat beberapa wahana tempat liburan dan berbagai macam bunga, bagunan yang berwarna warni yang tertata dengan rapi sehingga membuat anda nyaman untuk berada di tempat ini.

Ada hal yang menarik dari kota ini yaitu adanya “little Vience” atau yang biasanya di sebut-sebut dengan cerminan dari kota Venesia. Disamping itu pula ada permainan buat anak- anak dan bisa juga anda menyewa kuda untuk berkeliling dan melihat pemandangan disana.

13. Gunung Mas Puncak Cianjur

Gunung ini jaraknya lumayan jauh akan tetapi Gunung Mas ini menyimpan keindahan yang memanjakan mata. Terlihat perkebunan yang hijau membuat tempat ini memiliki pemandangan yang indah sejauh mata memandang. Ditempat ini juga menyediakan lapangan volley, naik kuda dan sepak bola.

14. Waduk Cirata Cianjur

Waduk sendiri memiliki fungsi untuk pembangkit tenaga listrik akan tetapi banyak orang yang tertarik untuk menikmati dan menghabiskan liburan mereka. Maka dibukalah waduk ini sebagai salah satu tempat rekreasi masyarakat.

Anda bisa menikmati luasnya waduk ini dengan menyewa perahu seharga Rp 30.000 selama 2 jam. Kemudian ketika anda masuk anda akan membayar tiket seharga Rp 5000 dan itu belum termasuk ongkos parker. So jangan lupa yah untuk mampir ke waduk ini untuk weekend anda.

15. Danau Lewi Soro Cianjur

Satu lagi danau surga yang terletak di kawasan Cianjur yaitu Danau Lewi Soro. Danau ini masih bersih dan airnya sangat bening serta dihiasi dengan pepohonan. Kalau anda mau mengunjungi tempat ini anda membayar Rp. 5000/ orang. Jarak ke danau ini cukup jauh yaitu sekitar 8 km dari kota Cipanas.

16. Wisata Reliji Masjid Agung Cianjur

Masjid ini terletak di pusat kota Cianjur dan yang pertama kalinya di bangun pada tahun 1810 M oleh orang Cianjur yang namanya ogah untuk dicatat. Akan tetapi masjid ini dibangun diatas tanah wakafnya Ny. Raden Bodebar binti KAngjeng Dalem Sabiruddin, dan beliau adalah Bupati Cianjur yang ke-4

17. Arung Jeram Sungai Cikundul Cianjur

Sungai ini merupakan salah satu dari objek wisata andalan di Cianjur-Jawa Barat, serta letaknya yang tidak begitu jauh dari pusat kota Cianjur. Kegiatan arung jeram ini memilikijalur kurang lebih 7 km. jadi sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin memicu adrenalin dengan mengikuti arung jeram ini. Kalo seandainya anda tertarik bisa menghubungi Diva Tour and Travel karena dialah yang membuat arung jeram ini salah satu paket andalan wisatanya.

18. The John’s Aquatic Resort Cianjur

Banyak sekali permainan yang tersedia di arena ini diantaranya: Boat Lagoon, Waterball, ATV, Trampoline, Flying Fox dan Menunggang Kuda. Alamatnya anda bisa catat di Jl. Desa Babakan Karet, Kp. Tangkil, Kawasan Hutan Kota Cianjur, Panembong, Kec, Cianjur, Jawa Barat 43251

19. Keluarga Tias Wisata Cianjur

Letak lokasinya di Warung Jengkol, Rangcagoong. Disini menyediakan paket wisata yang lumayan lengkap seperti kolam renang untuk dewasa dan anak-anak , ruang karoke juga, dan beberapa tempat peristirahatan yang nyaman untuk anda. Harga tiket yang dibayar sebesar Rp 20000/orang anda sudah bisa menikmati wisata ini.

20. Danau Sejuta Pesona Cianjur

Danau ini terletak di kota Bungadan dilengkapi dengan berbagai pemainan seperti bumper boat, castle, bumper car, gurita, mandi bola, magic ring, welly the whale, fantasy walk, the wild west, venture river, live music and fun game.

21. Puncak Rindu Alam Cianjur

Puncak ini menjadi salah satu tempat pavorit bagi wisatawan. Ini terletak di Jl Raya Puncak km 83 (puncak pass, Cisarua), Bogor, Jawa Barat. Untuk sampai ditempat ini anda cukup terus menelusuri sepanjang jalan puncak sampai menemukan masjid At Ta’awun, dan trus menanjak ke atas untuk menemukan kawasannya.

Puncak Rindu Alam Cianjur memiliki pemandangan yang khas dan indah serta diselingi dengan udaranya yang segar dan pemandangan kebun the.

22. Wana Wisata Mandalawangi Cianjur

Tempat ini juga sangat menarik untuk kita kunjungi ketika kita berlibur. Suasana yang indah dan cocok sekali untuk anda yang suka berkemah. Luas lokasi ini adalah 39,5 ha di Desa Rarahan, Kecamatan PAcet, 25 km dari pusat kota Cianjur.

23. Pantai Apra Cianjur

Lokasi ini terletak di Kecamatan Sindang Barang, Cianjur Selatan mungkin kira-kira 300 meter dari alun-alun Sindang Barang.

Pantai ini adalah pantai yang cocok dan terbaik untuk anda menikmati sunset di kota Cianjur Selatan. Dan juga pantai ini terletak tidak jauh dari muara sungai Cisadane.

24. Curug Ngebul Cianjur

Salah satu air terjun yang terpopuler di Cianjur adalah curug Ngebul. Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter dengan pemandangan yang begitu menakjubkan. Curug ini terletak di perbatasan Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung. Jika anda tertarik untuk mengunjungi lokasi ini silahkan anda datang ke Desa Bunijaya Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lokasinya juga kurang lebih 90 km melalui Jl. Ciwidey dari pusat kota Bandung.

25. Panorama Bukit Aseng Cianjur

Selanjutnya temapat wisata di Cianjur adalah Panorama Bukit Aseng Cianjur yang memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya. Ini seperti hamparan daratan yang luas sejauh mata anda memandang serta tempat ini berdekatan dengan laut. Sehingga anda juga bisa menikmati pemandangan lepas pantai sambil anda berada di atas bukit. Sungguh tempat panorama yang membuat anda akan merasa betah disini.

26. Curug Dengdeng Cianjur

Curug Dengdeng adalah salah satu curug andalan kota Cianjur. Terletak di kampung Cicadas, Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul, Cianjur Selatan. Keindahannya membuat anda merasa nyaman dan adem. Disini udaranya sangat segar serta dihiasi dengan rumput-rumputan yang menghiasi dinding air terjun ini.

27. Curug Cikondang Cianjur

Sekilas curug ini tidak berbeda dengan curug-curug lainnya, akan tetapi curug ini memiliki air yang deras dan terlihat batu-batu karang yang menghiasi indahnya curug ini. Curug ini sangat indah dan menjadi salah satu tujuan pengunjung untuk melihat lokasi ini. So jangan lewatkan untuk menikmati indahnya curug ini. Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 50 m dan terletak di Desa Sukadana , Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur.

Demikian beberapa objek tempat wisata yang bisa admin persembahkan untuk bahan referensi anda dan keluarga menikmati liburan. Mungkin objek wisata Cianjur bisa menjadi salah satu tujuan wisata anda, selamat berlibur.

News Feed