7 Wisata Kalimantan Timur Yang Mempesona

7 Wisata Kalimantan Timur Yang Mempesona – Kalimantan Timur adalah salah satu provinsi di Kalimantan yang ada di bagian timur dan berbatasan dengan Malaysia Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan juga Sulawesi. Kalimantan Timur ini memiliki luas 129.066,64 kilometer persegi dengan populasi sebesar 3,6 juta jiwa. Dengan hal tersebut, Kalimantan Timur ini merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk yang cukup rendah keempat di Indonesia.

Beralih ke topik pembahasan utama, berbicara mengenai tempat wisata Kalimantan timur, provinsi ini tentunya memiliki beragam destinasi objek wisata yang memiliki keindahan mempesona dan sangat sayang jika dilewatkan. Dibawah ini kami telah merangkum daftar wisata Kalimantan Timur Yang dapat anda simak berikut ini.

1. Pulau Derawan

Wisata Kalimantan Timur yang pertama akan kita bahas adalah Pulau Derawan. Pulau Derawan sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kalian. Pantai dengan hamparan laut yang biru ditambah dengan pesona bawah laut yang luar biasa menjadikan pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dan juga domestik.

Selain anda dapat menikmati keindahan pantai Derawan, anda juga dapat bermain bebas dengan penyu dan jika anda beruntung, anda juga dapat melihat segerombolan ikan Pari Manta. Fasilitas yang disediakan oleh pengelola juga cukup memadai, seperti adanya penginapan, mulai dari homestay hingga ressort mewah yang mematok tarif cukup terjangkau.

2. Pulau Kakaban

Kedua ada Palau Kakaban. Wisata Kalimantan Timur yang satu ini berlokasi tidak terlalu jauh dari Pulau Derawan. Memiliki luas 774,2 hektar, Pulau Kakaban ini banyak dikunjungi oleh turis asing karena terkenal akan keunikan tersendiri. Di Pulau ini juga terdapat danau Kakaban yang memiliki luas 5 kilometer persegi.

Danau Kakaban ini memiliki air yang payau, dimana air ini terbentuk dari rembesan air laut dan bercampur dengan air tanah dan hujan. Dan satu hal yang menarik di Pulau Kakaban ini adalah terdapat ubur-ubur tanpa sengat yang hidup di Danau. Kita juga dapat berenang dengan bebas bersama ubur-ubur tanpa harus takut tersengat.

3. Pulau Maratua

Selanjutnya yaitu Pulau Maratua. Pulau Maratua ini masih berada dalam satu gugusan kepulauan Derawan. Pulau ini juga tidak kalah mempesona, memiliki pemandangan indah dan sangat cocok bagi anda yang hendak bulan madu dengan pasangan anda, karena lokasi ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Maratua ini memang bisa dikatakan surganya para penyelam, karena pemandangan bawah laut yang dimiliki oleh Pulau Maratua ini sangatlah indah dan eksotis. Jika anda singgah di Kalimantan Timur jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Maratua yang memiliki keindahan bawah laut serta ketenangan suasana setempat.

4. Bukit Bangkirai

Keempat ada Bukit Bangkirai. Bukit Bangkirai ini berjarak 58 kilometer atau 1,5 jam dari pusat kota Balikpapan, dan 150 kilometer jika ditempuh dari Kota Tenggarong serta 20 kilometer jika dari ibukota Kecamatan Samboja. Wisata Kalimantan yang satu ini menawarkan wisata alam hutan hujan tropis yang masih alami dan asri.

Bukit Bangkirai ini juga telah dilengkapi dengan sarana, prasarana yang cukup memadai, seperti adanya restoran, lamin untuk mengadakan pertemuan, kolam renang dan juga cottage ataupun jungle cabin. Yang menarik dari Bukit Bangkirai ini adalah canopy bridge, monyet dengan ekor panjang dan juga anggrek hitam

5. Danau Labuan Cermin

Satu lagi lokasi wisata Kalimantan Timur yang lagi hits, yaitu Danau Labuan Cermin. Danau Labuan Cermin ini berlokasi di biduk-biduk, Kabupaten Berau yang mana memiliki keindahan alam yang sangat indah dan belum lama diperkenalkan sebagai salah satu tujuan wisata Kalimantan Timur yang sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Untuk sampai ditujuan, kita memang akan melakukan perjalanan jauh yang sangat melelahkan, akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena lelah anda akan terbayar lunas ketika melihat pemandangan Danau Labuan Cermin yang sangat eksotis dan mempesona. Kejernihan airnya ini membuat perahu yang mengapung diatasnya menjadi seperti melayang. Air di danau ini juga memiliki 2 rasa, yaitu rasa tawar dibagian atas dan rasa asin dibagian bawah

6. Desa Budaya Pampang

Wisata kalimantan timur yang keenam adalah Desa Budaya Pampang. Desa ini berada di Samarinda yang dihuni oleh suku Dayak Kenyah. Wisata ini merupakan wisata budaya yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing maupun domestik. Di lokasi ini sering diadakan pertunjukan seni di lamin atau gedung desa dengan memakai pakaian adat.

7. Taman Nasional Kutai

Kawasan yang satu ini terletak di pinggiran Teluk Kaba. Jika anda ingin mengunjungi Taman Nasional Kutai ini sebaiknya pada bulan April Sampai dengan Oktober. Untuk sampai di lokasi, kalian membutuhkan waktu 2,5 jam dari Balikpapan-Samarinda dengan menggunakan kendaraan roda empat, kemudian dilanjut ke Bontang kurang lebih 3 jam, lalu dari bontang-Teluk Kaba menggunakan speed boat sekitar 30 menit. mungkin itu aja yang bisa di recomendasikan dari wisatapalabuhanratu.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed