Candi Gedong Songo,Petualangan Di Bukit Ungaran

Candi Gedong Songo,Petualangan Di Bukit Ungaran Mengunjungi candi yang berada diatas bukit merupakan paket wisata yang lengkap. Selain lebih mengenali objek wisata secara dekat anda pun bisa refreshing melepas penat seperti halnya di Candi Gedong Songo ini. candi dengan sembilan kompleks ini berada di Ungaran, Jawa Tengah. Lokasinya diatas bukit sehingga pemandangan alam hijau mengelilingi kawasan ini. banyak sisi menarik candi yang membuat wisata ini kian digemari.

Selain candinya yang bersejarah anda pun bisa menikmati sejumlah fasilitas disekitarnya. Mulai dari berkuda, menikmati sate kelinci, hingga mengunjungi sumber air panas yang ada di kompleks candi 3 dan 4. Jadi tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke kawasan candi ini. Candi Hindu ini pun memiliki bangunan yang megah, kendati terdapat reruntuhan di beberapa sisinya. dibawah ini ulasan selengkapnya untuk Candi Gedong Songo yang ada di Ungaran.

Wisata Candi Gedong Songo Ungaran

1. Lekat dengan legenda Anoman

Pada masa kejayaan kerajaan Hindu tempat wisata ini adalah daerah sakral karena dianggap sebagai tempat tinggal para dewa. Seringkali juga dihubungkan dengan cerita pewayangan salah satunya Ramayana. Berdirinya candi ini pun dikaitkan dengan legenda Anoman yang mengalahkan Rahwana di cerita Ramayana. Maka tak heran patung Anoman berdiri gagah di salah satu kompleks candi. Ada mitos yang menyebutkan bahwa pasangan yang berfoto dan menyentuh patung ini akan diramalkan putus.

2. Keindahan alam candi

Selain napak tilas legenda Ramayana anda pun akan disuguhi pemandangan alam yang menyejukan hati. Udara yang segar berpadu dengan perbukitan hijau disekelilingnya. Jauhnya perjalanan memang memberikan tantangan tersendiri. Pastikan fisik anda prima jika hendak berlibur ke sini karena anda mesti melintasi perbukitan dengan jalanan menantang. Tidak jauh dari candi terdapat sumber air panas yang ada diantara candi 3 dan 4. Banyak yang percaya mandi di air tersebut akan membuat kulit lebih mulus.

3. Kondisi Candi Gedongsongo

Candi Gedongsongo terdiri atas 9 kompleks. candi yang masih tersisa tinggal 7 kompleks dan hanya 5 kompleks saja yang bisa dikunjungi. di Gedong I anda akan menjumpai candi dengan luas 5 meter. Terdapat pahatan relief sulfur dan bunga yang menawan. Sedangkan Gedong II seluas 1 meter dengan bentuk selasar yang lebar. Terdapat ceruk kecil tempat arca berdiri. Candi utama terdapat di Gedong V dengan relung berisi arca Ganesha.

4. Lokasi Candi

Candi Gedongsongo berada di bukit pegunungan Ungaran dengan ketinggian 1.200 mdpl. Dari Jogja perjalanan bisa ditempuh selama 2 jam sedangkan dari Semarang sekitar 1 jam menggunakan kendaraan roda empat. Secara administratif masih masuk ke kawasan Jawa Tengah. Tiket masuk kawasan candi sebesar 6 ribu rupiah untuk wisatawan lokal dan 25 ribu untuk wisatawan asing. Anda bisa naik kuda serta menikmati sate kelinci dikawasan ini.

Jadi tidak ada salahnya mengagendakan liburan kali ini ke Candi Gedongsongo bersama keluarga. semoga bermanfaat.

News Feed