Kesenian Warga Raja Ampat yang Unik

Kesenian Warga Raja Ampat yang Unik – Meskipun ada di dalam kawasan Pulau Raksasa, Raja Ampat ini ternyata memiliki kebudayaan dan juga kesenian yang berbeda dengan warga yang hidup di wilayah tengah dan juga timur Papua itu sendiri.

Kesenian Warga Raja Ampat yang Unik.JPGKebudayaan atau pun kesenian yang hidup di wilayah ini merupakan hasil perpaduan antara kebudayaan Papua dan Islam dari Maluku utara. Yang mana semua itu terepresentasikan di dalam sejumlah tarian, seperti tari mambefor, mapia, wor, wor yeknan, prosesi pengangkatan raja, dan sejumlah atraksi budaya yang lainnya. Acara ini juga turut dimiriahkan dengan adanya pameran wisata bahari yang biasanya digelar di kawasan Waisai dan akan menampilkan potensi wisata bahari yang ada di masing-masing daerah.

Uniknya kesenian warga Raja Ampat

Pemerintah kabupaten di Raja Ampat ini memang sangat konsen di dalam mengkampanyekan kekayaan yang dimiliki daerahnya dari sektor pariwisata, untuk lebih mempromosikan keindahan alam bawah laut pemerintah kabupaten Raja Ampat ini melakukan sejumlah kegiatan tahunan dengan cara membuat festival bahari yang menampilkan beberapa kegiatan wisata bahari. Misalnya saja pada acara festival Raja Ampat di tahun 2012 lalu yang diadakan di tanggal 18 hingga 21 Oktober, panitian pelaksana menampilkan sejumlah agenda festival raja tahun ini yang dikemas lebih beda dan unik.

Umumnya festival bahari Raja Ampat ini diadakan di pertengahan tahun, sekitar bulan Agustus, sangat menarik sekali untuk bisa pergi ke Raja Ampat di saat festival diadakan, sebab akan ada banyak sekali tarian dan juga budaya yang ditampilkan di festival tersebut. Salah satunya adalah adanya atraksi tari-tarian khas daerah Papua, dan yang paling menarik adalah banyaknya makanan khas Papua yang telah dimunculkan di sini.

Selain hal tersebut, waga Raja Ampat setempat juga sudah siap untuk mempertontonkan perahu tradisionalnya yang nantinya akan digunakan oleh nenek moyangnya untuk bisa mengarungi lautan yang luas di Raja Ampat. Warga di Raja Ampat juga akan mempertontonkan kebiasaan mengkonsumsi buah. Yang mana di festival ini para pengunjung juga bisa menikmati makanan khas Papua secara gratis. Hemmm… pastinya sangat nikmat sekali kan bisa menikmati makanan khas Papua secara gratis!

Demikianlah tadi sekilas informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya, tentang kesenian warga Raja Ampat yang unik. Semoga saja informasinya bisa bermanfaat dan menginspirasi para pembacanya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed