Mempelajari Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu Jogja

Mempelajari Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu Jogja – Menjadi orang Jawa yang murni, kunjungan ke museum seni dan budaya Jawa ini adalah sesuatu yang cukup istimewa. Museum Ullen Sentalu adalah tempat yang cocok untuk mengeksplorasi budaya Jawa karena semua hal tentang adat dan budaya Jawa ada di sana. Untuk masuk ke museum, anda harus menunggu meskipun setelah membeli tiket. Pasalnya, untuk dapat masuk museum, anda tidak boleh sendiri dan harus berkelompok hingga maksimal 25 orang. Sehingga bisa saja anda menunggu hingga 30 menit sebelum memasuki kawasan museum.

Salah satu hal yang sangat disukai oleh kebanyakan pengunjung dari museum Ullen Sentalu adalah konsep yang tidak memungkinkan para tamu untuk memotretnya. Yang mengatakan, ada beberapa area yang Anda boleh ambil beberapa foto. Dengan peraturan itu, orang lebih memperhatikan panduan ini dan membaca deskripsi pameran.

Museum Ullen Sentalu memiliki empat wilayah, yaitu ruang bawah tanah, labirin ‘mengambang’ di atas air, taman dan sebuah galeri yang menampilkan beberapa lukisan dan patung. Museum ini memamerkan banyak foto, lukisan, kain, huruf tua dan patung tua yang menunjukkan ekspresi budaya, pengetahuan, representasi, praktik dan keterampilan Jawa.

Museum Bawah Tanah

Kawasan Museum Ullen Sentalu memang selalu rindang dengan banyaknya pepohonan dari hutan-hutan di sekelilingnya. Selain itu, kawasan ini juga sering turun hujan, sehingga sebelum berkunjung ke museum, anda sangat disarankan untuk membawa payung. Suasana yang rindang di museum ini juga sering dikaitkan oleh warga sekitar dengan suasana mistis, terutama dengan keberadaan museum bawah tanah.

Di museum bawah tanah ini, ada banyak barang-barang peninggalan Jawa yang tersimpan sangat rapi. Selain itu, pencahayaan di museum bawah tanah tidak terlalu terang, jadi berhati-hatilah untuk tidak tertinggal dengan rombongan anda. Di tempat ini anda dapat melihat koleksi batik lawas yang dipajang bermacam-macam, selain itu juga banyak lukisan lawas disana. Salah satu aturan saat memasuki kawasan museum bawah tanah ini adalah para pengunjung dilarang untuk mengambil gambar disini. Meskipun warga lokal mengatakan karena kawasan tersebut banyak “penunggunya,” namun secara logika museum bawah tanah tersebut sangat minim pencahayaan, sehingga bila anda berfoto menggunakan flash akan dapat merusak lapisan beberapa benda. Hal tersebut karena cahaya dapat mempengaruhi keaslian warna dan lapisan terluar benda, sehingga hal tersebut yang juga menjadi alasan beberapa barang disimpan di museum bawah tanah yang tidak terpapar langsung oleh matahari.

Biaya Masuk

Untuk masuk ke museum Ullen Sentalu, setiap pengunjung akan dikenakan biaya Rp45,000. Biaya tersebut sama rata baik untuk dewasa maupun anak-anak. Biaya tersebut murni biaya masuk dan tidak termasuk tambahan lainnya. Sehingga bila anda dan keluarga ingin makan di kawasan kantin museum, anda tentu harus mengeluarkan uang lagi.

Menuju ke sini

Jarak Museum Ullen Sentalu dengan kota Jogja kurang lebih memakan waktu selama 1 jam. Museum ini berada di kawasan Jalan Kaliurang dan dekat dengan kawasan wisata gunung Merapi lainnya. Untuk lebih detailnya, sebaiknya anda menggunakan google maps karena jalan cukup berliku dan berkelok. Membawa kendaraan sendiri sangat disarankan karena anda harus melewati jalan kecil yang tidak dapat dijangkau oleh kendaraan umum seperti bus.

News Feed