Pantai Pelabuhan Ratu Atau Pantai Palabuhanratu

Pantai Pelabuhan ratu atau Pantai Palabuhanratu adalah pantai tempat wisata yang banyak sekali di gemari oleh wisatawan dari dalam atupun luar negri ini, dengan lokasi yang berada di samudra hindia ini , dengan jarak enam puluh kilo meter dari kota sukabumi, memiliki keunikan khusus dengan bermacam sejarah dan cerita mistis,
tapi tiak menghilangkan keindahan dan kenyamanan di area pantai palabuhan ratu atau lebih populer pantai Pelabuhan Ratu.

kali ini admin wisata palabuhanratu akan membahasa salah satu pantai yang sering di kunjungi para wisatawan atau sebagai tempat transit perjalanan jauh, biasanya pantai ini dijadikan tempat beristrahat oleh para pengendara dari arah sukabumi menuju banten, ataupun sebaliknya, dan ada juga yang berniat dari rumah untuk datang kepantai ini. yaitu pantai karang hawu pantai pelabuhan ratu pantainya orang selatan.

Karang Hawu adalah salah satu tempat wisata terbaik yang dimiliki oleh pelabuhan ratu, setiap tahunnya pantai karang hawu selalu menjadi destinasi wisata pantai yang paling diminati oleh para wisatawan lokal, tidak heran mengapa para pengunjung sering datang berkunjung ke pantai ini karena daya tarik pantai yang memiliki keindahan yang luar biasa, selain dari jarak pandang pantai yang tak terbatas sejauh mata memandang, pantai ini juga memiliki wisata sejarah yang konon tempat tersebut adalah petilasan bung karno dan tempat singgahnya nyi roro kidul.

tempat tersebut tidak jauh dari lokasi pantai.  tak heran mengapa setiap orang yang berkunjung ke pantai ini selalau menyempatkan untuk mengunjungi tempat ini. Selain jadi daya terik tersendiri, tempat ini juga terlihat bagaikan gunung kecil yang yang ada di pinggir pantai, beraragam kegemaran wisatawan yang naik ke puncak gunung petilasan bung karno, ada yang penasaran dengan tempat petilasan bung karno, adapula wisatawan yang hanya sekedar ingin melihat sekeliling pantai dari ketinggian gunung kecil yang ada di pantai karang hawu.

selain petilasan bungkarno, dibawah gunung kecil inipun terdapat tujuh sumur diatas batu karang, sumur tersebut terbentuk alami diatas karang, bisa jadi karna deburan ombak yang menjadikan lubangan yang berbentuk sumur, atau bisa juga memang kubangan sumur tersebut sudah terbentuk dari dulu.

Pantai karang hawu adalah pantai yang di unggulkan di pelabuhan ratu, karena selain memiliki keindahan yang luar biasa, pantai ini juga dapat menampung ratusan ribu orang karena lokasinya yang luas.

Pantai karang hawu juga menyediakan pasar tradisonal yang disediakan untuk para pengunjung, selain pasar tradisonal, di karang hawu juga terdapat minimarket yang dapat memenuhi kebutuhan para pengunjung.

Jika dibandingkan pantai karang hawu saat ini dengan dulu dilihat dari perubahan dan kemajuan mungkin saat ini pantai karang hawu telah mengalami kemajuan yang signifikan, dimulai dari penataan kawasan, kebersihan pantai, termasuk penempatan para pedagang sangat tertata dengan baik dan cukup rapi. Dikarang hawu juga terdapat beberapa mini hotel yang bisa menjadi rekomendasi parauntuk  pengunjung, diantaranya adalah hotel sunset plaza, hotel Alwina serta penginapan-penginapan kecil yang tarifnya mudah dijangkau oleh para pengunjung.

Saat ini pantai karang hawu telah menjadi destinasi wisata dunia, seiring dengan upaya pemerintah kabupaten sukabumi yang membawa wisata pelabuhan ratu  ke UNESCO dengan nama Geopark sehingga saat ini pantai karang hawu telah diakui oleh Unesco tentang kawasan wisata pantai karang hawu Geopark, dengan diakuinya pantai karang hawu sebagai geopark, pemerintah kabupaten sukabumi terus menerus membenahi dan membangun kawasan pantai agar senantiasa wisata pantai karang hawu terlihat lebih menarik bagi para wisatawan dan dapat tertata dengan baik sehingga dapat membuat nyaman para pengunjung yang datang ke pantai ini.

Pelabuhan Ratu Baju Hijau – sekilas jika dibahas tentang pelabuhan ratu baju hijau rasanya tidak ada yang aneh dengan kata tersebut, namun perlu diketahui bahwa kata dari Pelabuhan ratu baju hijau tersebut memiliki misteri yang cukup mengejutkan. Pasalnya kenapa baju hijau selalu identik dengan pelabuhan ratu.

Jawabannya adalah pelabuhanratu dikenal dengan nama pantai selatan, pantai selatan tidak hanya terdapat di wilayah jawa tengah di jawa barat juga terdapat pantai selatan yang letaknya di pelabuhan ratu sukabumi. Pelabuhan ratu atau yang disebut pantai selatan berkaitan erat dengan pantai selatan yang ada di jawa, pasalnya kedua pantai selatan ini dikenal sebagai pantai yang di diami oleh nyi roro kidul.

Jika dilihat dari legenda Ratu pantai selatan, nyi roro kidul sering terlihat pada gambar atau lukisan, yang dimana lukisan itu jika diperhatikan  pakaian yang dikenakan oleh nyi roro kidul dalam setiap lukisan yang terpampang selalu mengenakan pakaian yang berwarna hijau. Mungkin dari sekian banyak orang hanya sedikit yang menyadari  sampai kearah sana, namun jika hal itu dikaitkan dengan pelabuhan ratu warna hijau tentu saja jawabannya adalah karena  warna hijau itu konon katanya adalah warna yang paling disukai oleh Nyi roro kidul.

namun bagi sebagian orang yang menanggapi tentang pelabuhan ratu baju hijau itu adalah cerita piktif yang dibesar-besarkan. Hanya saja terlepas dari semua tanggapan orang, baik itu positif dan negatif pelabuhan ratu tidak akan pernah lepas dari cerita pelabuhan ratu baju hijau dan nyi roro kidul karena sampai kapan pun cerita pelabuhan ratu baju hijau dan pelabuhan ratu nyi roro kidul itu tidak akan lekang oleh waktu.

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed