Tempat Ziarah diPalabuhanratu atau Pelabuhan Ratu

Tempat Ziarah diPalabuhanratu atau Pelabuhan Ratu – Pelabuhan ratu saat ini dikenal dengan wisata alam yang megah nan indah, namun tahukah anda bahwa kabupaten sukabumi pelabuhan ratu yang dikenal dengan wisatanya yang indah, ternyata dibalik keindahan wisata itu di pelabuhan ratu juga terdapat tempat untuk berziarah.

Tempat ziarah itu terdiri dari beberapa tempat di masing-masing wilayah yang ada di pelabuhan ratu, diantaranya adalah :

  1. Goa Lalay yang ada di patuguran, ada juga tempat ziarah yang ada di citepus di batu kenit, kemudian di daerah panguyangan tepatnya petilasan mbah genter bumi, dan ada juga di karang hawu tempat petilasan bung karno. Goa lalay adalah tempat ziarah pertama yang akan ditemukan oleh para peziarah pelabuhan ratu, pasalanya goa lalay  lokasinya tepat berada di kota pelabuhan ratu, goa lalay adalah tempat ziarah yang sering dikunjungi oleh para peziarah dari luar kota, goa lalay ini memiliki tempat yang unik, mengapa? Pasalnya goa ini berhadapan langsung dengan pantai, goa ini berada di bawah gunung dan gunung tersebut dibawahnya terdapat bebatuan seperti karang yang membentuk sebuah goa, Selain itu juga goa lalay pernah menjadi tempat syuting salah satu stasiun Televisi swasta . Didalam goa lalay terdapat tujuh pintu yang masing-masing pintu tersebut selalu dijadikan tempat untuk menginap para peziarah, (bertapa). Selain itu dikawasan goa lalay juga memiliki halaman yang luas serta ada taman dan danau, sehingga tempat tersebut tidak terkesan mistis dan terlihat seram saat peziarah datang mengunjungi tempat ini. Itulah ulasan singkat mengenai tempat ziarah di goa lalay pelabuhan ratu.

2. Beralih dari goa lalay ke tempat ziarah Batu Kenit yang lokasinya berada di citepus, batu kenit adalah bentuk batu besar yang letaknya tak jauh jauh dari jalan raya, selain tak jauh dari jalan raya tempat ini juga berhadapan langsung dengan lokasi wisata pantai Citepus, batu kenit sering dijadikan tempat untuk berziarah dan umumnya yang datang ketempat ini adalah para peziarah dari luar kota, batu kenit juga tidak hanya dikhususkan untuk para peziarah karena lokasi ini juga masih termasuk lokasi wisata dan tak sedikit para wistawan yang datang ke pelabuhan ratu menyempatkan diri untuk melihat bentuk dari batu kenit tersebut.

 

3. Selain dari batu kenit tempat ziarah yang ada di pelabuhan ratu juga terdapat di sukawayana tepatnya di panguyangan. Temapat ziarah yang ada dipanguyangan ini adalah petilasan Mbah Genter Bumi yang berada di puncak gunung panguyangan, lokasi ziarah yang ada di panguyangan ini adalah lokasi yang paling dikenal oleh para peziarah baik peziarah setempat ataupun juga para peziarah yang datang dari luar kota, kenapa panguyangan demikian sangat dikenal di pelabuhan ratu ataupun di luar kota, pasalnya lokasi panguyangan letaknya masih berada di sukawayana, dan di sukawayana terdapat satu sungai yang selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah, apalagi saat itu sukawayana pernah dikunjungi oleh artis ibu kota yang pernah mengikuti ritual, daintaranya Almarhum Julia Peres dan almarhum Susi Susana, kedua artis inipun pernah menjalani ritual disungai ini dan sampai akhirnya Sungai sukawayana dan tempat ziarah panguyangan menjadi sangat dikenal oleh masyarakat luas.

4. Tempat Ziarah Pelabuhan ratu adalah petilasan Bung karno di pantai karang Hawu. Petilasan bung karno berada di atas gunung kecil yang ada dikarang hawu, biasanya tempat ini selalu ramai dipenuhi oleh para peziarah setiap jum’at malam, lokasi ini juga sangat dikenal oleh para peziarah dari luar kota, mengapa demikian? Karena setiap jum’at malam para peziarah luar kota selalu datang berbondong-bondong menggunaan Bus ataupun kendaraan pribadi, lokasi ini tidak terlalu luas, maklum saja karena petilasan bung karno ini berada di puncak gunung kecil sehingga posisinya tidak dimungkinkan untuk orang banyak.

mungkin cukup itu yang bisa wisatapalabuhanratu.com bagikan semoga menjadi manfaat dan informasi untuk anda semua pecinta wisata, silahkan berkomentar , dan kritik sarannya wisata sangat mengharapkan. 

Itulah diantaranya tempat-tempat ziarah pelabuhan ratu yang dikenal saat ini.  

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. nama tempat yang sebenernya itu Palabuhanratu bukan pelabuhan ratu , karena sudah familiar palabuhan ratu kebanyakan orang bilangnya pelabuhan ratu dan penulisannya pelabuhan ratu , tapi sebeneranya Palabuhanratu.

News Feed