Vihara di Palabuhanratu Sukabumi Jawa Barat

Vihara di Palabuhanratu Sukabumi Jawa Barat – Vihara di Palabuhanratu terletak di Loji, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi ini digunakan sebagai tempat ibadah yang terletak di atas bukit yang memiliki pemandangan yang sangat menarik. Tempat ini juga digunakan sebagai objek wisata yang terkenal di Palabuhanratu disamping digunakan sebagai tempat beribadah. Vihara di Palabuhanratu ini banyak dikunjungi wistawan baik lokal maupun dari luar.

Hasil gambar untuk vihara dewi kwan im palabuhanratu

Gambar terkait Nama lain dari Vihara ini adalah Kuil Dewi Kwan Im yang dibangun oleh seorang warga Thailand yang bernama Anotahi Kamonwathin . Jarak vihara ini dari kota Palabuhanratu sekitar 25 km dan kalau dari Sukabumi sekitar 80 km menuju arah Loji. Orang yang membangun vihara ini yang memiliki nama lain mama Airin pernah bermimpi. Dia harus membangun sebuah Vihara yang terletak di atas bukit pinggiran pantai. Dia mempercayai bahwa kuil yang harus ia bangun sebenarnya sudah ada pada zaman dinasti Qing akan tetapi seiring berjalannya waktu kuil itu hilang dan belum ditemukan jejaknya.

  • Pembangunan lokasi Vihara

Hasil gambar untuk vihara palabuhanratu Pencarian lokasi mulai dilakukan dari negaranya sendiri Thailand mencari sebuah lokasi yang sesuai seperti di dalam mimpinya. Kawasan Kidul dan Malang sempat menjadi salah satu pilihan pendirian kuil ini akan tetapi karena lain hal mama Airin beralih untuk mencari lokasi lainnya. Kemudian, dia mendengar kabar dari seseorang bahwa di daerah Palabuhanratu ada lahan kosong di atas bukit dekat pantai. Kemudian mama Airin mengunjungi dan meninjau kawasan yang akan dijadikan vihara dan mama Airin merasa cocok bahwa lokasi ini sesuai dengan apa yang ada di dalam mimpinya. Maka mulainya dibangun pada 8 Agustus 2000.

Ketika anda berkunjung ke vihara ini, pemandangan pertama kali yang akan anda dapatkan adalah anda akan disambut oleh patung naga Ular berkepala tujuh yang ekornya mengarah ke atas bukit. Patung naga ini diukir dengan balutan warna emas dan corak warna yang indah khas ukiran Thailand yang indah.

Hasil gambar untuk vihara palabuhanratu

Ada banyak patung dewa-dewi yang menghiasi kuil ini, akan tetapi letaknya berbeda-beda berdasarkan altar. Karena lokasinya berada di bukit, maka anda harus menaiki tangga yang jumlahnya mencapai 500 anak tangga. Mungkin akan membuat anda merasa sedikit lelah ketika menaiki anak tangga ini. semuanya akan terbayar ketika menyaksikan pemandangannya yang begitu indah dan mempesona. Ketika anda memulai melangkahkan kaki, anda akan disambut oleh patung Dewi Bumi dan patung Buddha Julai yang berdiri kokoh disamping kiri kanan anak tangga. Jika anda terus menerus menaiki tangga anda akan menemukan beberapa altar yang kesemuanya dihiasi oleh patung-patung dewa dewi.

Hasil gambar untuk vihara palabuhanratu

Hasil gambar untuk foto nyi roro kidul vihara palabuhanratu Terdapat patung legendaris di altar utama yaitu patung Sun Go Kong dan gurunya. Disini anda sudah bisa menikmati pemandangan lepas pantai, menikmati birunya air laut yang luas dilengkapi dengan angin yang bertiup ke atas bukit ini. Vihara ini berbeda dengan vihara pada umumnya. Entah kenapa di vihara ini ada altar khusus Prabu Siliwangi, altar Semar dan ada yang paling unik lagi yaitu altar Nyi Roro Kidul. Apakah memang mereka mempunyai kaitan cerita dengan ini semua atau apa? Bagaimana menurut anda?

Konon ada cerita yang unik tentang Nyi Roro Kidul yang mengatakan bahwa penguasa laut pantai selatan ini adalah anak putri dari raja Thailand yang ke IV. Makanya di vihara ini dipampang foto raja, Nyi Roro Kidul dan ibunya. Tempat khusus Nyi Roro Kidul pun dibalut dengan warna biru yang konon merupakan warna kesukaannya. Dan yang paling unik lagi disana terdapat meja kerja presiden Soekarno lengkap beserta fotonya.

Hasil gambar untuk pemandangan alam vihara palabuhanratu

Nah bagi anda yang hendak berkunjung ke Palabuhanratu untuk berlibur, sempatkan diri anda dan keluarga untuk menikmati keindahan alam di atas bukit kuil ini. letaknya yang strategis dan berada di bukit pinggir pantai menjadikan suasana semakin indah dan menawan. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah bersama keluarga disini. Jadikan suasana ini sebagai momen yang tidak bisa anda lupakan dalam kehidupan anda.

Karena letaknya berada di kawasan Loji, anda juga bisa meneruskan liburan anda ke Geopark Ciletuh yang merupakan salah satu objek andalan kabupaten Sukabumi yang banyak dikunjungi para wisatawan. Disana ada banyak curug-curug yang indah yang wajib anda kunjungi beserta pemandangan alam yang begitu mempesona.

Selamat berlibur …..

News Feed