Wisata Daerah Cisolok Pelabuhan Ratu Atau Palabuhanratu

Pelabuhan ratu cisolok . Cisolok adalah nama daerah di pelabuhan ratu yang mencakup satu kecamatan yaitu kecamatan Cisolok. Selain nama kecamatan, cisolok juga adalah nama desa.

wilayah  kecamatan cisolok terdiri dari tiga belas desa, yang pertama desa cisolok, desa karang papak, desa cikahuripan, desa wanajaya, desa cikelat, desa sirna resmi, desa gunung karamat, desa gunung tanjung, desa caringin, desa pasir baru, desa wangun sari, desa sukarame.

Foto IG nurfalahasep

Satu kecamatan cisolok yang terdiri dari tiga belas desa ini hampir semuanya memiliki tempat wisata, diantaranya cisolok memiliki wisata pantai, gunung tanjung memiliki wisata alam (gunung dan air terjun) kemudian gunung karamat wisata alam (gunung) desa wangun sari terkenal dengan pemandian air panas ( cipanas ngebul) , pasir baru memiliki tempat wisata pantai, kemudian cikahuripan punya wisata pantai dipajagan, serta cikahuripan dikenal dengan tempatnya pelelangan ikan di pelabuhan ratu Cisolok.

Pelabuhan ratu cisolok. desa cisolok adalah Desa yang memiliki destinasi wisata pantai salah satunya adalah pantai Karang Hawu.

Pantai Karang Hawu adalah pantai yang paling dikenal di Kabupaten Sukabumi, sebab pantai karang hawu mempunyai ciri khas, selain pantainya yang menawan. Pantai Karang Hawu juga memiliki wisata Sejarah seperti petilasan nyiroro kidul serta Petilasan Orang Nomor Satu pertama di Indonesia, yaitu Bung karno .

Selanajutnya Pelabuhan ratu Cisolok Desa Cikauripan.

Cikahuripan adalah desa kedua yang terdekat jaraknya dari kecamatan Cisolok Setelah Desa Cisolok, letak Desa cikahuripan hanya beberapa meter dari Desa Cisolok, jika dilihat dari jarak antara desa cisolok dan desa cikahuripan yang berdekatan tentu kita akan mengira bahwa desa Cikahuripan memiliki wisata pantai, benar saja jika semua orang mengira bahwa Cikahuripan memiliki wisata pantai, namun sedikit berbeda dengan desa cisolok, jika desa cisolok memiliki wisata pantai dan wisata sejarah berbeda dengan cikahuripan yang hanya memiliki wisata pantai saja dengan wisata yang ditonjolkan yaitu tanggulan yang menjolor kearah laut, selain tanggulan desa cikahuripan juga memiliki tempat pelelangan ikan yang cukup dikenal dan besar yang letaknya bertempat di kampung Pajagan Desa Cikahuripan.

Foto IG by endin.zaenudin

 

Kemudian yang selanjutnya Desa Gunung Tanjung dan Desa gunung karamat.

Desa gunung tanjung berada di pegunungan dengan jarak Tempuh dari kecamatan kurang lebih sekitar Tujuh Kilo meter. Jika dilihat dari namanya Tentu saja semua orang mengira bahwa gunung tanjung tidak memiliki potensi wisata, namun jika dilihat dari potensi tentu saja Gunung tanjung memiliki potensi wisata yang sangat bagus,

Jika desa cisolok dan desa cikahuipan memiliki wisata pantai, tentu saja gunung tanjung juga memiliki potensi wisata alam, namun wisata yang ditonjolkan oleh gunung tanjung adalah pemandangan pegunungan dan air terjun.

Beralih ke desa Gunung Karamat, desa gunung karamat adalah tetangga desa dari gunung tanjung, karena jarak antara desa gunung karamat dan desa gunung tanjung sangat berdekatan. Jika dilihat dari potensi wisata, desa gunung karamat juga hampir sama memiliki wisata pegunungan namun desa gunung karamat berbeda dari desa gunung tanjung karena desa gunung karamat hanya memiliki pemandangan pegunungan dan pemandangan yang langsung mengarah ke laut.

Foto IG by noenky_fotofotomoto

 

Selain dari pemandangan gunung karamat juga meiliki suhu yang cukup dingin, jika dibandingkan dengan daerah puncak dan bandung suhu gunung karamat berimbang dengan daerah tersebut, karena posisi gunung karamat berada gunung yang tinggi.

Demikian sedikit gambaran tentang Pelabuhan Ratu cisolok yang berada di kecamatan cisolok serta desa-desanya yang meiliki potensi wisata.

News Feed