Wisata Edukasi ke Taman Pintar Jogja

Wisata Edukasi ke Taman Pintar Jogja – Berlibur sambil memberikan edukasi kepada anak tentu menjadi hal umum yang diinginkan oleh para orang tua. Kebanyakan orang tua tentu sangat ingin melihat anak mereka selalu belajar meski pada saat yang mereka tidak sadari. Hal tersebut yang tentu juga berlaku pada saat liburan anak. Kini sudah ada banyak tempat wisata yang menyediakan fasilitas untuk memberikan edukasi kepada anak meski sambil anak menikmati permainan yang ada. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan bagi para orangtua, layaknya sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Wisata Edukasi Taman Pintar

Bagi anda yang sedang menikmati berlibur bersama keluarga di Yogyakarta, maka jangan lupa untuk mengunjungi wisata edukasi Taman Pintar. Di tempat ini ada beragam pertunjukan edukasi yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi keluarga dan terutama anak-anak. Orang tua dapat ikut menikmati atraksi yang ada disana, dan anak juga dapat bermain-main sambil belajar. Ragam edukasi yang diberikan pun ada banyak, mulai dari pengetahuan terkait industry pertelevisian, kreatifitas membuat clay, planetarium dan masih banyak permainan lainnya.

Gedung Kotak – Di gedung kotak, ada beberapa zona yang dapat dikunjungi oleh para pengunjung. Zona tersebut antara lain seperti zona batik dan zona keris yang menghadirkan berbagai macam jenis batik dan keris yang dipajang di kotak kaca. Selain itu ada zona otomotif dimana anak dapat belajar terkait mesin dan cara fungsi kendaraan. Ada pula zona peraga turbulensi dimana anak dan keluarga dapat mencoba bagaimana rasanya berada dalam pesawat yang tengah mengalami turbulensi, dan belajar lebih jauh terkait kondisi turbulensi dan tekanan udara. Beberapa zona lainnya di gedung kotak ini antara lain zona planning city, zona replika candi Borobudur, zona pengolahan susu, dan zona pengolahan minyak bumi. Pada masing-masing zona, anak dapat belajar dengan berbagai alat peraga yang disediakan dengan menyenangkan, terutama karena beberapa alat peraga didesain seperti game atau permainan untuk anak.

Gedung Oval , Bila di gedung kotak para keluarga dan anak dapat melakukan praktik pada bidang-bidang tertentu, namun di gedung oval ini kebanyakan berisi sains. Zona pertama yang ada adalah zona Kepresidenan, dimana keluarga dan anak dapat bersama-sama membaca biografi setiap presiden Indonesia dari masa ke masa. Selain itu ada juga zona pendidikan dimana anak dan keluarga dapat belajar terkait bapak pendidikan di Indonesia, serta zona sejarah keraton Jogja.

Planetarium, Gedung ini dikhususkan untuk menunjukkan pelajaran terkait planet dan sistem tata surya. Keluarga dan anak akan melihat beragam planet dan bintang yang ada di langit-langit bangunan dan dibuat dengan konsep 3D sehingga terlihat sangat nyata.

Biaya,Untuk biaya masuk Taman Pintar, pengunjung dewasa akan dikenakan biaya sebesar Rp18.000. Sementara untuk anak-anak dibawah usia 12 tahun akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000. Sementara untuk anak usia 2 hingga 7 tahun hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp3.000 saja. Namun biaya tersebut belum termasuk untuk memasuki Planetarium, dan untuk memasukinya, setiap orang dikenakan biaya sebesar Rp15.000. Selanjutnya masih ada wahana theater 3D yang akan menunjukkan beberapa film edukasi 3D. Orang dewasa dikenakan biaya Rp20.000 sedangkan pelajar Rp15.000 untuk masuk ke theater 3D ini. Selanjutnya ada pula wahana bahari dimana setiap orang dikenai biaya yang sama sebesar Rp4.000

Lokasi, Taman Pintar ini berlokasi tepat di belakang Jalan Malioboro atau di samping Museum Vredeberg. Dari jalan Malioboro, anda dapat berjalan lurus ke selatan (jalan searah) hingga sampai di perempatan 0km. Kemudian anda belok ke timur (kiri) lalu berjalan kurang lebih 200 meter dan anda akan menemukan pintu masuk Taman Pintar. Untuk tempat ini hanya buka setiap Selasa hingga Minggu dari pukul 8.30 hingga 16.00.

News Feed