Wisata Kuliner Jawa Timur: 3 Makanan Khas Jawatimuran Yang Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Jawa Timur: 3 Makanan Khas Jawatimuran Yang Wajib Anda Coba – Berburu kuliner menjadi salah satu aktivitas yang wajib Anda lakukan saat berwisata ke Jawa Timur. Provinsi terbesar di pulau Jawa ini memiliki banyak ragam kuliner khas yang menggugah selera. Saking populernya, beberapa makanan khas jawatimuran juga banyak dijual di beberapa daerah di luar Jawa Timur. Jika Anda penasaran dengan rasanya, tak ada salahnya jika Anda mencoba beberapa kuliner khas yang ditawarkan di Jawa timur.

3 Wisata Kuliner Khas Jawa Timur

Selain objek wisata, kuliner juga bisa menjadi salah satu ikon sebuah daerah wisata. Banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke lokasi tersebut hanya ingin mencoba beberapa kuliner khas yang terkenal akan kelezatan rasanya. Jika Anda berkunjung ke Jawa Timur, ada beberapa jenis kuliner khas daerah ini yang patut Anda coba, diantaranya adalah

  1. Rujak Cingur

Rujak Cingur merupakan salah satu kuliner yang menjadi ikon kuliner kebanggaan Jawa Timur. Bagaimana tidak, kuliner ini sudah terkenal di seantero Indonesia termasuk mancanegara. Makanan yang terdiri dari sayuran dan cingur (irisan mulut sapi atau kerbau) disajikan dengan sambal kacang yang lezat. Anda bisa memilih sayuran mentah atau sayuran yang sudah dimasak. Banyak warung makan di Jawa Timur yang menawarkan kuliner khas ini, salah satunya adalah Rujak Cingur Ahmad Jais yang berlokasi di jalan Ahmad Jais Surabaya.

 

  1. Lontong Balap

Kuliner khas Surabaya ini menawarkan rasa yang istimewa yang sulit Anda lupakan. Lontong Balap terdiri dari irisan lontong dan tahu yang diberi irisan lentho dan ditumpangi kecambah matang dan diberi kuah khas yang istimewa. Sajian ini sangat populer di Surabaya dan menjadi kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota pahlawan ini. Jika Anda ingin mencoba kelezatan Lontong Balap, Anda bisa mengunjungi salah satu rumah makan Lontong Balap yang berada di Tambaksari Surabaya. Nama rumah makan yang tersohor ini adalah Lonting Balap Asli Pak Gendut.

  1. Nasi Pecel Madiun

Memang menikmati Pecel Madiun tidak harus jauh-jauh datang ke Jawa Timur, karena faktanya banyak rumah makan di Jawa dan sekitarnya menawarkan menu kuliner khas Madiun ini. Namun akan lebih istimewa jika Anda langsung mencoba di tempat aslinya yaitu daerah Madiun Jawa Timur. Sajian pecel ini terdiri dari campuran beberapa sayuran seperti kacang pancang, toge, mentimun, daun singkong, dan lain-lain dan sebagai pelengkap adalah sambal kacang dengan rasa gurih dan agak pedas. Kemashuran Pecel Madiun ini sanggup menghipnotis banyak wisatawan untuk datang dan mencoba langsung kelezatan pecel ini. Salah satu warung makan Pecel Madiun yang terkenal adalah Nasi Pecel 99 Madiun. Nama warung makan ini semakin meroket setelah presiden SBY datang dan mencoba kelezatan pecel yang ditawarkan oleh warung makan ini. Selain itu banyak juga selebritas yang juga mencoba menyantap pecel di Nasi Pecel 99 Madiun.

News Feed