Wisata Kuliner Khas Raja Ampat di Papua Barat

Wisata Kuliner Khas Raja Ampat di Papua Barat – Papua Barat merupakan provinsi yang ada di sebelah barat Pulau Papua, yang mana ibukota Papua Barat ini adalah Manokwari. Papua Barat adalah salah satu provinsi yang mendapatkan status etonomi khusus, seperti daerah yang lainnya, Papua Barat ini juga memiliki kekayaan kuliner yang khas, khususnya di Raja Ampat.

Apabila Anda sedang sekali menjelajahi berbagai kuliner di Indonesia, jangan sungkan-sungkan untuk mampir ke Papua Barat, tepatnya di Raja Ampat, sebab di sini ada banyak sekali makanan khasnya. Mari simak apa saja sih yang menjadi makanan paling populer di Raja Ampat, Papua Barat tersebut.

Wisata Kuliner Khas Raja Ampat di Papua Barat yang Paling Populer.jpg

Ini wisata kuliner khas Raja Ampat di Papua Barat yang paling populer Papeda

Inilah salah satu jenis makanan khas wilayah timur, termasuk Raja Ampat. Mkanan satu ini dibuat dari bahan dasar berupa sagu. Papeda ini diolah sehingga menyerupai bubur, memiliki warna putih, dan juga bertekstur yang lengket, sehingga mirip sekali seperti lem. Rasa asli dari makan papeda ini adalah hambar. Papeda biasanya dimakan bersama ikan seperti tongkol atau pun mubara yang diolah dengan kunyit, sehingga terkadang kuahnya berwarna kuning. Cara makan papeda ini sama halnya seperti makan nasi dan lauk pauk pada umumnya.

Martabak sagu

Martabak khas Raja Ampat ini terbuat dari sagu yang sudah dihaluskan lalu digoreng dan diberi gula merah. Martabak ini berasal dari Fakfak yang berbeda dengan martabak yang biasanya Anda temui di daerah lain, seperti halnya dengan martabak manis atau pun martabak telor. Hal yang paling membedakan martabak khas Raja Ampat, Papua Barat ini adalah bahan pokoknya sagu. Rasa dari makanan khas ini sangat enak dan manis, yang juga tidak kalah dengan jenis martabak yang sudah umum Anda makan.

Sate ulat sagu

Salah satu makanan khas Raja Ampat lainnya adalah sate ulat sagu. Jenis makanan satu ini mungkinsaja akan membuat Anda mual atau bahkan muntah. Ulat sagu ini bisa Anda dapatkan dari batang pohon sagu yang sudah tua. Masyarakat yang sudah terbiasa hidup di alam seringkali mengkonsumsi ulat sagu ini dengan diolah terlebih dahulu, seperti dengan cara dibakar, sehingga mirip sekali dengan sate.

Nah, itulah tadi wisata kuliner khas Raja Ampat di Papua Barat yang paling populer. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed