Beranda
Air Terjun
geopark
Wisata Alam
Datang Ke Curug Larangan Tidak Bisa Pulang, Inilah Pesona Air Terjun Di Sukabumi

Datang Ke Curug Larangan Tidak Bisa Pulang, Inilah Pesona Air Terjun Di Sukabumi

Masih banyak kekayaan alam di sukabumi hingga sampai saat ini masih terjaga dan bisa kita nikmati, hal itu bisa kita rasakan pada beberapa sektor yang kini sudah dijadikan tempat wisata, seperti kawasan wisata alam yang satu ini, bernama curug larangan

Tidak sedikit terlihat orang-orang yang rela datang berbondong-bondong mengunjungi wilayah ini. berada di kawasan hutan, dan akses jalan ke lokasinya bisa di bilang sangat lumayan, karena harus melewati beberapa aliran sungai untuk bisa sampai ke lokasinya.

Curug larangan sukabumi Foto : Wisata palabuhanratu

Curug Larangan


Tidak seperti di kawasan wisata air terjun yang lain, lokasi curug  larangan masih sangat terjaga nilai kealamiannya, belum terlihat adanya tembok beton yang berdiri kokoh di sekitar air terjun ini.

Cerita Curug Larangan 


Berada dalam naungan Unesco, kini curug larangan jadi salah salah satu kawasan wisata air terjun yang sering di kunjungi oleh wisatawan yang berlibur ke kawasan geopark ciletuh palabuhanratu. 

Setiap orang atau siapa pun yang mendatangi kawasan air terjun ini, tidak akan bisa kembali lagi alias  tidak bisa pulang,   hilang secara misterius. itulah kenapa kawasan yang berada di dalam hutan belantara ini dinamakan curug larangan.

Keindahan curug larangan Foto : Wisata palabuhanratu

Larangan untuk nama air terjun ini masih tetap di sebut, dan abadi namanya hingga kini. itulah sepenggal cerita tentang asal mula nama curug larangan, yang kini telah menjadi kawasan wisata. 

Seiring waktu berjalan mitos akan larangan mendatangi kawasan ini mulai terpatah kan, kini kawasan air terjun ini jadi tempat wisata alam yang bisa di bilang populer di sukabumi. namun ada aturan atau hal yang harus selalu kita patuhi selama berada di tempat ini. yaitu jaga kesopanan jangan betingkah yang aneh-aneh, terutama tetap jaga kebersihan di lokasinya.

Lokasi air terjun Curug larangan


Kejernihan air terjun curug larangan dengan ciri khas airnya yang berwarna hijau meng kilau, akan memberikan rasa tenang kepada pengunjung yang datang, dan begitu terasa sangat adem dan sejuk.

Liburan di curug larangan Foto : Wisata palabuhanratu

Jika arah dari  palabuhanratu,  untuk bisa menuju ke lokasi air terjun ini bisa di tempuh dari pertigaan bagbagan atau jembatan kuning, menuju ke wilayah loji dan terus melewati kawasan wisata Vihara Kwan im, dan selanjutnya kita menuju ke kampung cisaar yang titik lokasinya ada jembatan.

Dan setelah kita sampai di jembatan cisaar, sekitar 25 meteran dari jembatan tersebut belok kiri yang ada sebuah baliho besar bertuliskan curug Larangan. lokasi wisata air terjun ini berada di kampung cisaar, desa girimukti kecamatan ciemas kabupaten sukabumi  jawa barat. 

Jalan menuju curug larangan Foto : Wisata palabuhanratu

Selanjutnya dari jalan raya belok kiri, melewati perkebunan dan terus akan sampai ke permukiman warga, akses jalannya bisa dilalui oleh kendaraan roda 2 dan Roda 4. 

Perjalanan ke curug larangan


Setelah kita sampai di area parkiran, kita harus melanjutkan perjalanan dengan cara jalan kaki untuk menuju ke kawasan air terjunnya.

Perjalanan menuju curug larangan Foto : Wisata palabuhanratu

Selama kita dalam perjalanan menuju  curug larangan,  kita bakal berhadapan dengan 3 aliran sungai. sungai-sungai tersebut  harus kita seberangi, dan kami tidak menyarankan untuk teman-teman datang sendirian ke lokasi ini.

Meskipun perjalanan menuju ke air terjun curug larangan bisa di bilang butuh pengorbanan, namun akhirnya akan terbalas dengan suasana alamnya yang masih asri dan indah. di tambah lagi ketika kita sudah sampai di lokasinya, perasaan lelah kita akan hilang seketika. Suwerrr Dah!!