Wisata mekarasih salah satu kawasan wisata alam yang masih jarang diketahui di sukabumi, dikarenakan kawasan ini berada di pelosok, di tambah lagi akses jalan menuju ke lokasinya belum mendapatkan perbaikan.

Namun seiring dengan telah rampungnya proses pembangunannya, kawasan ini kini makin cantik dan makin lebih punya daya tarik.  wisata alam  ini berada di tepian sungai cimandiri dan kawasan ini lebih dikenal dengan nama wisata air terjun curug cibubuay.


Curug cibubuay Foto : Wisata palabuhanratu

Di kawasan tempat wisata ini selain kita bisa menikmati keindahan alam mekar asih, di lokasi ini terdapat dua pilihan objek wisata yang bisa kita kunjungi, seperti air terjun dan kolam renang air panas, yang lokasinya tidak berjauhan.

Curug Cibubuay


Berada di wilayah yang dikelilingi oleh hutan dan bukit, yang mana luasnya hamparan sawah juga bakal kita lihat beserta aliran sungai cimandiri, semua itu akan menyuguhkan kesan yang indah dan akan membuat kita merasa betah.

Meskipun pada waktu itu kawasan ini jarang di kunjungi, dikarenakan faktor akses jalannya yang masih belum mulus, dan namanya belum terkenal tidak seperti yang sekarang.


Kolam renang air panas Foto : Wisata palabuhanratu

Sebelum adanya pembangunan kolam renang air panas, dulu kita hanya bisa menikmati air panas di lokasi ini lewat air pancur dari sebatang bambu, dan tidak heran pada waktu itu para pengunjung hanya tertuju pada kawasan air terjun yang bernama curug cibubuay.

Air terjun di sini memiliki pesona dan daya tarik, karena kondisi airnya yang mengalir tidak terlalu deras. dan tidak hanya itu juga, pada waktu-waktu tertentu curug atau  air terjun  yang satu ini suka terasa hangat.

Lokasi wisata mekar asih 

Berlokasi tidak jauh dari pusat kota Palabuhanratu, kawasan objek wisata ini berada di kampung cibubuay desa mekarasih kecamatan simpenan kabupaten sukabumi jawa barat. dan kawasan wisata ini bisa di tempuh dari dua arah.

Jika kita lewat dari arah  Pelabuhanratu,  kita harus meneruskan perjalanan kita melewati jembatan bagbagan, terus belok kiri menuju kampung mariuk dan dari sana tinggal lurus menuju ke wilayah desa cibuntu, untuk selanjutnya meneruskan ke kawasan wisata mekar asih.

Akses jalan

Untuk akses jalan lainnya jika kita datang dari arah sukabumi, kita bisa lewat ke kampung pasapen menuju ke desa bantar gebang dan melintasi sebuah jembatan gantung, seterusnya masuk ke kampung cipicung pada asih, dan selanjutnya tinggal kita melanjutkan ke kawasan wisata mekar asih.

Wisata alam mekar asih salah satu kawasan wisata alam di sukabumi yang cocok untuk di kunjungi, karena kini area jalan menuju ke tempat liburan ini sudah nyaman dan mudah di akses.


Wisata mekarasih simpenan Foto :Wisata palabuhanratu


Di lokasi ini kita bisa santai sambil jalan-jalan. bahkan sekarang kita bisa melihat air terjun curug cibubuay lebih dekat lagi, karena sudah ada fasilitas akses jalan menuju ke air terjunnya yang sudah diberi pembatas.

Selain kita bisa menikmati keindahan air terjun curug cibubuay, kita juga bisa mencoba berenang di kolam air panas yang ada di kawasan wisata ini. hanya dengan membayar uang 3000 rupiah saja, dan kalau untuk ke kawasan air terjunnya gratis.

Fasilitas lain yang ada di kawasan wisata mekarasih di antaranya, sudah tersedia warung jajanan, lahan parkiran yang luas, toilet atau wc umum dan mushola. untuk masuk ke kawasan mekar asih atau curug cibubuay itu gratis tidak ada tiket masuk, dan berkunjung atau liburan ke objek wisata mekar asih kita hanya cukup membayar parkiran saja.